Viral Wanita Ngamuk Akibat Dipaksa Putar Balik, Ini Pandangan Psikolog

Okezone
 Okezone - Mon, 17 May 2021 04:44
 Dilihat: 535
Viral Wanita Ngamuk Akibat Dipaksa Putar Balik, Ini Pandangan Psikolog

BEREDAR video viral seorang wanita berbaju kuning mengamuk di Pos Penyekatan Anyer, Banten. Ia tidak terima mobilnya diperintahkan putar balik karena adanya pembatasan perjalanan untuk mencegah bertambahnya kasus covid-19.

Wanita itu melontarkan kalimat kasar kepada petugas kepolisian. Hal tersebut terjadi setelah mobil yang ditumpanginya diminta putar balik. Aksi wanita itu pun viral dan menuai ragam kecaman netizen.

Baca juga:Viral Seorang Wanita Mengamuk Gegara Dipaksa Putar Balik

Psikolog klinis Meity Arianty turut menanggapi fenomena ini. Dia mengatakan, perilaku masyarakat yang seperti itu bisa disebabkan berbagai hal.

Di antaranya, pelaku memiliki sikap negatif terhadap hukum lalu lintas dan terhadap polantas, sikap kepatuhan masyarakat, kondisi sosial budaya akan ketidakjelasan konsep benar dan salah, serta tidak adanya figur yang dijadikan panutan.

"Namun yang paling penting adalah kualitas individu yang bersangkutan, seperti knowledge, skill, attitude atau sikap mental. Dalam hal ini tentu yang saya sebutkan seringkali menjadi penyebab individu-individu melakukan palanggaran," kata Meity saat dihubungi MNC Portal, Minggu 16 Mei 2021.

Baca juga:Video Emak-Emak Memaki Kurir saat COD Jadi Viral

Namun, sambung dia, melihat beberapa video tentang perilaku pengendara yang marah-marah hingga mengeluarkan kata-kata kasar tersebut lebih disebabkan mental pelaku. Sikap tersebut juga pasti dapat berdampak kepada anak-anak yang menyaksikan video tersebut.

"Bisa dibayangkan anak-anak yang menyaksikan video tersebut atau melihat orangtuanya melakukan perilaku tersebut ke petugas. Itu akan menjadi contoh buruk dan anak tersebut akan menganggap cara itu kelak dapat dilakukan ke petugas jika mereka mengalami hal yang sama di jalan raya," ujarnya.

Sumber: Okezone