Viral Video Masker Impor China Miliki Cacing dan Ulat Mikroskopik, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Tue, 13 Apr 2021 02:20
 Dilihat: 362
Viral Video Masker Impor China Miliki Cacing dan Ulat Mikroskopik, Ini Faktanya

MEDIA sosial memang menjadi tempat mencari informasi, sayangnya tidak semua informasi 100 persen benar. Ada juga infomrasi-infomrasi salah yang beredar di media sosial.

Salah satunya seperti yang beredar di Youtube. Dalam unggahan di Youtube tersebut, disebutkan bahwa ada beberapa masker impor china yang memiliki cacing atau ulat mikroskopik.

Melansir Covid19.go.id, itu bukanlah ulat melainkan serat kain yang bereaksi terhadap kondisi lembap. Tampilan Cacing yang sesungguhnya terlihat berbeda di bawah Mikroskop, lebih tebal tidak setipis serat kain dan terlihat organ dalamnya.

"Masker impor china ada cacing atau ulat || waspada

Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI

jangan lupa subscribe untuk info menarik lainnya".

Selain itu, berkaitan dengan klaim "Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI", teknik ini adalah teknik "Appeal to False Authority" (Teknik Katanya) dengan cara mencatut pihak yang digunakan untuk otoritas, tetapi tidak memberikan bukti bahwa pihak yang diklaim benar-benar menyatakan seperti yang disebutkan di klaim.

Video percobaan oleh microbehunter.com ini, setelah diterjemahkan menggunakan fitur Subtitle/Close Caption YouTube dan Google Translate Chrome extension, menyebutkan:

"Saya pada dasarnya hanya dengan hati-hati menghembuskan napas dan meniup masker wajah saya dan kemudian serat mulai menyerap kelembapan dan jika anda benar-benar melepas masker wajah maka masker wajah akan mengering dan ini juga akan membuat serat bergerak sehingga anda melihat ini adalah proses yang cukup mudah," katanya di Mulai 4:56.

Sumber: Okezone