Viral Surat Suara Dicoblos Jadi Dua Tusukan Besar di Makassar

Okezone
 Okezone - Wed, 14 Feb 2024 21:29
 Dilihat: 107

MAKASSAR - Ada-ada saja kelakuan pemilih dalam menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2024. Sebuah surat suara saat proses perhitungan dicoblos pemilih secara tidak wajar dengan dua tusukan berlingkaran besar di TPS, Mamajang, Makassar.

Alhasil aksi tak lazin itu viral di medsos. Hingga kini vidio viral itu telah disaksikan puluhan ribu warganet.

Dalam rekaman disambut guyonan orang dalam TPS dengan ungkapan tidak mendapat uang caleg seolah sesuatu yang lumrah dalam kontestasi Pemilu.

Ketua KPPS 007, Nurul melakukan penghitungan surat suara disaksikan para saksi usai 196 masyarakat datang menyalurkan hak suaranya dari total daftar pemilih tetap 267 surat undangan.

Ketua KPPS 007, Nurul menyatakan bahwa pihaknya tidak tahu menahu surat suara yang ada dalam vidio tersebut.

"Surat suara seperti ini berasal dari kotak suara yang dilakukan penghitungan usai pemilih datang menyalurkan hak suaranya," ujarnya, Rabu 14 Februari 2024.

Meski di TPS ini telah terdapat tata cara memilih, namun hingga proses penghitungan surat suara yang berlangsung dini hari ini terdapat banyak surat suara yang batal.

"Batalnya surat suara ini karena dicoblos lebih dari satu kali bahkan mencoblos secara tidak wajar dengan dua lingkaran luar biasa besar," kata dia.

Sumber: Okezone