Viral Song Joong Ki Pakai Syal Mirip Batik di Drama Vincenzo

Okezone
 Okezone - Mon, 15 Mar 2021 13:08
 Dilihat: 392

PENAMPILAN aktor papan atas Korea, Song Joong Ki di drama hits Vincenzo yang tayang pada Minggu 14 Maret semalam tengah viral jadi perbincangan netizen Indonesia di linimasa sosial media TikTok.

Diketahui pada tayangan episode 8 yang tayang semalam, dalam adegan menunggang kuda, Song Joong Ki yang berperan sebagai Vincenzo Cassano tersebut terlihat mengenakan syal warna coklat di lehernya sebagai aksesori outfitnya. Dilihat sekilas, syal tersebut dianggap mirip syal bermotif Batik.

Tak heran, para netizen yang memperhatikan gaya OOTD (outfit of the day) Song Joong Ki semalam pun langsung ramai berspekulasi apakah benar syal atau scarf tersebut adalah syal bermotif Batik tradisional khas Indonesia.

"Salah fokus, itu batik bukan sih?," tanya akun Lum*

"Batik siapa itu menyangkut di pundak," tulis Mulfa**

"Kalau memang itu batik, bangga banget!" seru netizen pemilik akun TikTok bernama Se*

"Pakai batik om," tulis Ctk**

Untuk memastikan apakah syal tersebut merupakan Batik atau tidak, MNC Portal Indonesia pun mencoba bertanya kepada desainer Batik, Agnes Dwina Herdiasti dari lini fesyen Bee Seven Batik dan Batik Fanatik. Dari keterangan Agnes, syal yang dipakai oleh Song Joong Ki tersebut, bukanlah syal Batik seperti yang banyak dikira para netizen.

"Sepertinya tekniknya bukan Batik, motifnya juga saya masih asing. Tapi secara umum seperti bentuk motif paisley, motif yang banyak ditemukan pada pashmina," kata Agnes, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (15/3/2021).

Agnes menegaskan, syal yang dikenakan mantan suami Song Hye Kyo tersebut memang bukanlah syal yang dibuat dengan teknik Batik. Ia juga mengonfirmasi sekali lagi, syal Song Joong Ki itu bukan syal Batik.

"Batik itu sebenarnya adalah prosesnya, di mana motif yang digambar pada kain ditorehi malam atau wax panas untuk memblok warna saat proses pencelupan. Ini (syal) bukan batik," imbuhnya.

Sementara itu, dikutip BBC, motif paisley dengan bentuk siluet tetesan air mata ini adalah motif ikonik yang punya sejarah panjang. Dari Persia dan India kuno dengan pesan yang tersirat dan simbolisme misterius, motif ikonik yang telah populer dalam dunia industri mode selama berabad-abad ini telah menempuh rute dari Timur ke Barat.

Sumber: Okezone