Viral Siswi SMA Digerayangi Temannya, Menteri PPPA: Saya Prihatin

Okezone
 Okezone - Tue, 10 Mar 2020 05:14
 Dilihat: 792
Viral Siswi SMA Digerayangi Temannya, Menteri PPPA: Saya Prihatin

MANADO - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga prihatin dengan aksi perundungan atau bullying terhadap siswi SMA di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara yang sempat viral di media sosial.

Bintang mengaku sudah mencermati video siswi tersebut digerayangi ramai-ramai oleh teman sekolahnya. Dia geram melihat aksi yang meresahkan masyarakat itu.

"Saya merasa prihatin dan geram terhadap video tersebut yang kami anggap sebagai bentuk kekerasan dan perundungan terhadap siswi. Terlebih lagi kasus ini terjadi di institusi pendidikan dan dilakukan secara sadar kemudian direkam dan disebarluaskan hingga viral," kata Bintang dalam keterangan tertulisnya diterima Okezone, Selasa (10/3/2020).

Bintang mengatakan telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak di antaranya Dinas PPPA Bolaang Mongondow, Tim Cyber Crime Bareskrim Polri, dan pihak sekolah.

"Pagi ini, pihak Polres Bolaang Mongondow, Kasat Reskrim akan mendatangi tempat kejadian perkara di salah satu institusi pendidikan di sana. Hasil perkembangan kasus ini juga akan dilaporkan," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Bintang akan memastikan kasus ini dapat segera ditangani dengan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak dan mengimbau agar masyarakat tidak menyebarluaskan video tersebut.

"Saya akan memastikan penanganan dapat segera dilakukan dengan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan video yang menampilan identitas korban sesuai pasal 64i Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak," pungkas Menteri Bintang.

Bintang mengapresiasi masyarakat yang sudah melaporkan kejadian tersebut di media sosial Kemen PPPA.

Sumber: Okezone