Viral Sikap Rektor saat Wisuda Mahasiswa Disabilitas, Banjir Pujian Netizen

Okezone
 Okezone - Tue, 23 Jan 2024 01:09
 Dilihat: 244

SETIAP orang berhak mendapat pendidikan yang setara, termasuk mereka yang mengalami disabilitas. Baru-baru ini pun beredar di sosmed wisudawan disabilitas yang mendapat gelar universitas ternama.

Tapi yang membuat banyak netizen kagum adalah karena Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof Widodo, SSi, PhD, MedSc yang melantik wisudawan disabilitas tersebut. Banyak netizen yang kagum dan salut dengan apa yang dilakukan ahli biologi molekuler itu.

Bukan tanpa alasan, bisa dilihat dalam video yang beredar bagaimana Prof Widodo dengan tulus menyalami wisudawan bernama Elo Kusuma Alfred Mandeville, meski wisudawan program studi desain grafis itu harus menyalami menggunakan kaki.

Tanpa rasa canggung Prof Widodo menggenggam dengan erat telapak kaki Elo Kusuma yang memang tidak memiliki lengan untuk bersalaman, kemudian dengan bangga memberikan ijazah kepada Elo Kusuma yang lulus dengan IPK 3,47 itu.

Selain Elo Kusuma, wisudawan disabilitas lain yang mendapat perlakuan spesial dari Prof Widodo adalah Duwi Purnama Sidik yang lulus dengan IPK 3,65 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan dari Fakultas ilmu komputer, Program Studi Teknik informatika.

Dalam video tampak Prof Widodo rela turun dari panggung untuk melantik Duwi yang menggunakan kursi roda. Ia bahkan sampai berlutut ketika menyerahkan ijazah kepada Duwi yang saat ini tengah melanjutkan studi S2 Ilmu Komputer dengan program Fast Track.

Sumber: Okezone