Viral Salat Berjamaah Terapkan Social Distancing

Okezone
 Okezone - Wed, 18 Mar 2020 13:49
 Dilihat: 639
Viral Salat Berjamaah Terapkan Social Distancing

JAKARTA - Seiring merebaknya virus corona (Covid-19) di Tanah Air, Pemerintah Indonesia telah memberikan beberapa anjuran untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya adalah social distancing atau pembatasan sosial atau bisa juga diartikan menjaga jarak sosial.

Anjuran social distancing akhirnya diterapkan oleh sebagian masyarakat dalam beribadah. Seperti dalam video viral salat berjamaah yang terjadi di Masjid Salman ITB. Dalam video tersebut, terlihat para jamaah memberikan jarak dengan para jamaah lain.

Dalam keterangannya, kondisi tersebut dilakukan karena dalam situasi darurat, untuk mencegah persebaran COVID-19, sehingga salat berjamaah di Salman ITB telah menerapkan social distancing.

"Shalat berjamaah sunnahnya saf yang lurus dan rapat. Namun dalam kondisi darurat untuk menghindari persebaran COVID-19 lewat droplet, jarak aman dijaga walaupun tidak serapat kondisi normal, asalkan tetap lurus. Pertimbangan utamanya adalah prinsip "menolak mafsadat lebih utama daripada mengambil maslahat"," tulis keterangan yang diunggah akun @salmanitb di Instagram.

"Selain itu pertimbangan lain adalah bahwa rapatnya shaf shalat itu adalah untuk kesempurnaan shalat berjamaah, bukan syarat sahnya shalat."

"Kami hanya berpegang pada prinsip-prinsip maqashid syari'ah bahwa tujuan agama adalah menjaga agama, jiwa, akal, keturunan dan harta benda. Dalam kondisi jiwa berpotensi terancam seperti situasi wabah saat ini, agama masih dapat dijaga dengan memenuhi hal-hal yang wajib," lanjutnya.

Baca Juga: Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Melonjak Jadi 227, Meninggal 19 Orang

Video yang telah ditonton puluhan ribu tersebut menuai beragam komentar netizen.

"MasyaaAllah disaat masjid2 lain bikin larangan sholat berjamaah dan sholat jumat di masjid, liat masjid salman tetep ada sholat berjamaah.. huhu nangeeesss semoga Allah selalu lindungi kita semua," tulis komentar @riskahermayani27.

Sumber: Okezone