Viral Polisi di Bojonegoro Bantu Warga Melahirkan di Tengah Hutan

Okezone
 Okezone - Sat, 07 Dec 2019 14:19
 Dilihat: 430
Viral Polisi di Bojonegoro Bantu Warga Melahirkan di Tengah Hutan

BOJONEGORO - Seorang polisi di Bojonegoro mendadak viral lantaran video menolong seorang perempuan tengah melahirkan di tengah hutan di Dusun Betek, Desa Gondang, Bojonegoro tersebar berantai melalui media sosial dan whatsapp.

Polisi bernama Ipda BJ Handoko yang merupakan Kanit Binmas Polsek Gondang Bojonegoro menolong perempuan bernama Astri Sulistyoningsih (32) warga Dusun Puguhrejo Desa Gondang RT 28 RW 7, melahirkan di hutan Nglamur dengan alat seadanya, pada Jumat 6 Desember 2019 lalu.

Usai melahirkan perempuan dan bayi tersebut berhasil selamat dan dibawa ke Puskesmas Gondang untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Saat dikonfirmasi, Ipda Handoko menyebut aksinya merupakan tindakan spontan lantaran melihat sang perempuan yang berniat pergi ke puskesmas justru terkapar di jalan setapak pada area hutan.

"Ini aksi spontan bentuk rasa kemanusiaan. Saya melihat ibu itu saat melintas mau ke Mako (Polsek Gondang) untuk apel. Ibu itu hendak melahirkan terkapar di pinggir jalan saat mau dibawa ke puskesmas," jelasnya.

Bahkan Handoko menyebut bila kepala bayinya sudah terlihat keluar dari rahim. Selanjutnya secara spontan ia langsung memberikan pertolongan kepada sang perempuan tersebut. "Ada warga di sana, tapi tidak berani ambil tindakan akhirnya saya langsung memberikan pertolongan ibu itu. Ini spontan saja," ungkapnya kembali.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan memberikan apresiasi kepada anggotanya yang telah membantu masyarakat melahirkan di tengah hutan Nglamur dengan alat seadanya.

"Alhamdulillah Pak Handoko bisa membantu sehingga ibu dan bayinya selamat. Sekarang bayinya dirawat di RSUD Bojonegoro. Kami akan memberikan penghargaan kepada beliau," ucap AKBP Budi Hendrawan, saat dihubungi Okezone, Sabtu (7/12/2019).

Baca Juga : KRL Lintas Bekasi Ditambah Mulai Hari Ini

Meski sang ibu selamat dan menjalani perawatan intensif di Puskesmas Gondang, namun bayi dengan jenis kelamin laki-laki dengan berat 1,6 gram ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr. Sosodoro Djatikoesumo pada Sabtu sore (7/12/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Bayi tersebut sempat mendapat perawatan intensif di inkubator RSUD dr. Sosodoro Djatikoesumo Bojonegoro setelah dirujuk dari Puskesmas Gondang pada Jumat malam kemarin.

Sumber: Okezone