Viral Penjual Sate Ogah Dibayar dengan Uang Rp75 Ribu

Okezone
 Okezone - Fri, 14 May 2021 04:50
 Dilihat: 539
Viral Penjual Sate Ogah Dibayar dengan Uang Rp75 Ribu

JAKARTA - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang penjual sate menolak dibayar dengan uang pecahan kertas Rp75.000. Padahal, Bank Indonesia (BI) sebelumnya telah menegaskan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI nominal Rp75.000 itu bisa digunakan untuk bertransaksi sehari-hari.

Dalam video yang di-posting pemilik akun TikTok tasripin_007 itu, tampak seorang laki-laki yang wajahnya tidak terlihat menunjukkan uang pecahan Rp75.000. Sementara di hadapannya terlihat penjual sate.

Laki-laki yang memegang uang menyebutkan, dia hendak membayar sate memakai uang Rp75.000 tersebut. Namun, penjual sate menolak menerima pembayaran dengan UPK 75 RI berwarna merah putih tersebut memiliki gambar tampak muka depan Soekarno-Hatta.

Baca juga: Buruan, Mulai Hari Ini Uang Rp75.000 Bisa Ditukar di Seluruh Bank

"Ini saya mau bayar sate, pake uang yang baru Rp75 ribu, tapi ibu ini nggak mau nerima. Katanya ini uang nggak bisa dipakai," kata laki-laki tersebut seperti dikutip dari iNews.id, Kamis (13/5/2021).

"Bukan nggak bisa dipakai, orangnya belum tahu," kata seorang laki-laki yang terlihat di belakang penjual sate menjawab. Sementara penjual sate itu terlihat sibuk memanggang sate.

Mendapat jawaban seperti itu, perekam video itu kembali menjawab, dirinya sudah memberi tahu bahwa uang baru itu bisa digunakan untuk bertransaksi sehari-hari karena merupakan uang sah.

Namun, si ibu penjual sate tetap tidak mau menerima uang itu sebagai alat pembayaran. Akhirnya, laki-laki itu tidak jadi membeli sate.

"Iya makanya ini kan udah saya kasih tahu, tapi tetep nggak mau nerima. Ya udah nih, jadi saya nggak jadi beli ya. Ini uangnya nggak mau diterima. Makasih," kata laki-laki tersebut. Dalam videonya yang lain, akun ini juga mem-posting video yang sama.

Sumber: Okezone