Viral Noval Bocah Penjual Donat Disebut Dieksploitasi Ibu, Begini Faktanya

Okezone
 Okezone - Wed, 18 Nov 2020 08:11
 Dilihat: 456

JAKARTA - Media sosial diramaikan dengan kemunculan foto viral seorang bocah berjualan donat di pinggir jalan. Sambil menunggu pembeli, bocah tersebut menempelkan dahinya ke wadah donat dagangannya.

Dalam berbagai postingan di medsos disebutkan, bocah tersebut bernama Noval dan berjualan di Jalan Timbul/Cipedak, Srengseng, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Banyak yang terenyuh melihat kondisi Noval. Bocah 15 tahun itu disebutkan berdagang untuk membantu ibunya yang sakit. Dia berdagang setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Kisah Noval semakin ramai dibicarakan setelah Arie Untung ikut memposting di Instagramnya, @arikuntung. Banyak yang tergerak untuk menjumpai Noval untuk sekadar membeli dagangannya. Ada juga yang memberikan donasi.

Namun, sempat beredar kabar miring tentang kehidupan Noval. Seorang warganet mengatakan bahwa Noval sengaja dimanfaatkan alias dieksploitasi ibunya untuk mendapatkan donatur. Klaim netizen tersebut lantas ramai dibuatkan meme dengan embel-embel 'fakta'.

Baca juga: Viral! Emak-Emak Ini Tega Jadikan Balitanya sebagai Manusia Silver

Seorang netizen lantas mengklrafikasi langsung dengan mendatangi rumah keluarga Noval. Akun Facebook Roel Mustafa yang mengaku berasal dari Sekolah Relawan mengatakan bahwa memang ibu Noval sempat sakit, namun itu jauh sebelum pemberitaannya viral.

"Bahkan perihal sakit ibunya pun itu memang sudah lama sebelum cerita Noval ramai di perbincangkan, alhamdulillah sekarang sudah sembuh walau harus tetap melakukan kontrol setiap bulannya," tulisnya, dikutip Okezone, Rabu (18/11/2020).

Menurut keterangan Roel, sejak viral, banyak yang menghubungi Noval untuk memberikan bantuan. Namun, donasi tersebut ditolak oleh ibu dan keluarganya.

Sumber: Okezone