Viral Kawasan Gunung Bromo Padat Merayap, Begini Faktanya

Okezone
 Okezone - Sat, 25 May 2024 05:21
 Dilihat: 76

MALANG - Video antrean jeep di kawasan Gunung Bromo viral di media sosial dan pesan berantai. Antrean jeep itu terjadi di kawasan Penanjakan, Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Pada video yang diunggah terlihat ratusan jeep terlihat antri memenuhi jalanan di kawasan Gunung Bromo. Sontak saja kepadatan lalu lintas terlihat di jalurnya, bahkan terlihat kendaraan tak bergerak.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani membenarkan adanya antrian jeep di kawasan Gunung Bromo. Tapi antrian itu hanya terjadi di momen-momen tertentu terutama ketika libur panjang seperti libur Hari Waisak ini. Sementara yang terjadi di video itu pada Kamis 23 Mei 2024, yang pengunjungnya melebihi kuota maksimal kunjungan harian.

"Jumlah kunjungan (padat). Karena ke Bromo yang dilihat sunrise. Jadi pada satu waktu yang sama pengunjung berbondong-bondong, berkumpul pada view point," ucap Septi Eka Wardhani, dikonfirmasi pada Sabtu (25/5/2024) pagi.

Menurutnya, pembatasan kuota kunjungan maksimal memang dimaksudkan agar mengatur kenyamanan wisatawan, supaya tidak terlalu banyak yang masuk di kawasan Wisata Gunung Bromo.

"Makanya kami terapkan kuota, sehari 2.752 wisatawan. Bayangkan kalau nggak ada pembatasan jumlah pengunjung," tuturnya.

Tercatat dalam tiga hari terakhir jumlah wisatawan Gunung Bromo memang mencapai 6.242 wisatawan sejak Kamis hingga Sabtu ini. Dimana tercatat terbanyak di hari Kamis hingga mencapai 2.757 pengunjung. Dimana pengelola terpaksa menambah lima wisatawan, dari kuota harian 2.752 pengunjung.

"Yang terbanyak di hari Kamis itu 2.757 pengunjung, rinciannya 2.720 wisatawan domestik, 37 wisatawan mancanegara. Kemudian Jumatnya wisatawan domestik 1.744 dan 37 wisatawan mancanegara," ujarnya.

Sumber: Okezone