Viral Guru Ceramah Berjam-jam, Siswa Kelaparan hingga Nyaris Pingsan

Okezone
 Okezone - Mon, 27 Sep 2021 09:42
 Dilihat: 288
Viral Guru Ceramah Berjam-jam, Siswa Kelaparan hingga Nyaris Pingsan

BONE - Seorang guru di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menjadi viral di media sosial lantaran mengumpulkan siswanya di dalam kelas untuk memberikan ceramah. Kemudian, ceramah yang panjang itu berlangsung beberapa jam.

Hal tersebut membuat sejumlah siswa kelaparan, kelelahan, bahkan ada yang nyaris pingsan hingga dipapah keluar ruangan. Pihak sekolah membantah adanya penyekapan. Namun demikian, pihak sekolah mengistirahatkan guru tersebut hingga ada keputusan dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

Baca Juga: Viral Ibu Bawa Bayi "Manusia Silver", Mensos : Anak dan Ibunya Sudah di Balai Kami

Usman, seorang guru SMP Negeri 3 Dua Boccoe, Desa Mario, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone menjadi viral. Pasalnya, guru tersebut memberikan ceramah agama selama beberapa jam, mulai pukul 11.00 hingga 15.00 Wita di dalam kelas dengan keadaan pintu ditutup.

Kemudian, siswa tidak diizinkan untuk keluar. Padahal pukul 11.30 sudah saatnya siswa untuk pulang. Aksi guru SMP ini baru diketahui setelah salah seorang warga memposting peristiwa tersebut di akun Facebooknya dan mengunggah kejadian tersebut di salah satu media online di Kabupaten Bone.

Kontan, aksi guru tersebut menjadi viral lantaran dianggap telah bertindak di luar batas saat memberikan ceramah pada siswanya karena tidak mengizinkan siswa keluar dengan menutup pintu. Padahal, saat itu sudah saatnya pulang sekolah.

Namun, hal tersebut di bantah oleh kepala sekolah dan wakil kepala SMP Negeri 3 Dua Boccoe, Andi Sanawiah dan Andi Suardi.

Baca Juga: Penyerang Ustadz Chaniago Ditetapkan Tersangka, Ternyata Tak Alami Gangguan Jiwa

Andi Sanawiah mengatakan, tindakan guru tersebut sebetulnya bukan penyekapan atau mengurung siswanya. Sanawiah menduga ada ketersinggungan pada guru tersebut karena ada siswa yang keluar kelas hingga guru tersebut memberikan ceramah pada siswanya.

Tindakannya hanya melampaui batas jam mengajar karena guru tersebut memberikan ceramah pada siswanya mulai pukul 11.00 hingga hampir pukul 15.00 dengan materi ceramah tentang agama. Padahal, guru tersebut bukan guru agama, tapi guru matematika. Hanya dia memang suka berceramah, bukan hanya di sekolah, tapi di luar sekolah juga seperti itu. Diduga ada kelainan.

Sumber: Okezone