Viral! Detik-Detik Kereta Terobos Kobaran Api di Karawang, Ini Penjelasan KAI

Okezone
 Okezone - Wed, 21 Aug 2024 05:42
 Dilihat: 44

JAKARTA - Kereta api dengan nomor 23 Argo Cheribon menerobos kobaran api saat melintasi petak Jalur Hilir Karawang-Kedunggedeh Km 59+100 Kampung Babakan, Tanjung Mekar. Kejadian ini terekam dalam sebuah video dan viral di sosial media.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebut, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya pada Senin 19 Agustus 2024 pukul 18.35 WIB, bahwa ada kebakaran palet madura yang terletak di pinggir rel kereta. Kebakaran tersebut diduga akibat rembetan dari pembakaran sampah.

Dengan adanya insiden tersebut, KAI langsung berkoordinasi dengan unit terkait, seperti Sinyal Telekomunikasi, Kepala Stasiun, Tim Pengamanan dan pihak Damkar setempat.

"Kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 wib dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," kata Ixfan, Rabu (21/8/2024).

BACA JUGA:

Meski ada kejadian itu, Ixfan memastikan perjalanan kereta api tidak terganggu. Bahkan, tidak ada kerugian yang dialami KAI.

"Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis, Perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal," katanya.

Video kereta menerobos kobaran api ramai di media sosial X dan TikTok. Kejadian bermula saat kebakaran terjadi di Kelurahan Tanjung Mekar, Karawang Barat, Karawang pada Senin malam kemarin. Kebetulan, titik kebakaran berada dekat dengan rel kereta api.

Titik kebakaran berupa gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta. Sehingga kereta yang melintas terlihat menerjang api.

Sumber: Okezone