Viral! Bunga Bangkai Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Musi Rawas

Okezone
 Okezone - Wed, 09 Aug 2023 08:13
 Dilihat: 207

MUSI RAWAS - Bunga bangkai yang memiliki nama latin Amorphophallus Titanum, berukuran raksasa ditemukan mekar di kebun karet milik warga, di Desa Taba Remanik, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel.

Orang pertama yang menemukan bunga bangkai dengan ukuran 2,20 meter itu adalah Aji Kosin. Ia melihat bunga bangkai itu mekar saat hendak pergi ke kebun untuk menyadap karet.

Awalnya ia mengaku bunga bangkai raksasa itu seperti bunga biasa, namun lama kelamaan bunga bangkai tumbuh semakin besar hingga setinggi 2,20 meter dan lebar 80 cm.

"Waktu saya temukan pertama kali bunga itu masih kecil dan terlihat biasa saja, namun lama-lama membesar hingga berukuran tinggi 220 cm lebar 80 cm," katanya.

Selain itu juga bunga bangkai jenis ini sudah dua kali tumbuh di tempat yang sama dan ukurannya berbeda-beda.

"Kalau bunga bangkai jenis ini sudah dua kali tumbuh di tempat ini, namun kali ini yang paling besar terletak di kebun karet milik warga," katanya.

Pada awalnya Aji Kosin tidak mengetahui bahwa bunga tersebut langka. Ia baru mengetahui usai dirinya mengupload foto bunga bangkai di jejaring media sosialnya dan banyak yang berkomentar bahwa bunga raksasa itu spesies langka.

"Saya tidak tahu awalnya bahwa bunga itu langka, bahkan saya baru tau setelah memposting foto bunga raksasa itu di Facebook dan banyak yang berkomentar bahwa bunga itu langka," ungkapnya.

Ia juga berharap bunga bangkai raksasa itu dapat tumbuh selamanya sehingga Desa Taba Remanik bisa menjadi habitat bagi bunga bangkai sehingga dapat di lestarikan.

Sumber: Okezone