Viral Aksi Bullying dan Perkelahian Siswa SMP di Malang, Begini Penjelasan Kepala Sekolah

Okezone
 Okezone - Sat, 02 Mar 2024 18:43
 Dilihat: 163

MALANG - Pelajar di Kota Malang, Jawa Timur terekam kamera CCTV terlibat perkelahian dan perundungan temannya. Aksi perundungan ini viral, dan membuat SMP swasta tempat para remaja pelajar itu menuntut ilmu bertindak cepat, berkoordinasi dengan Polsek Sukun.

Kepala sekolah, guru Bimbingan Konseling SMP swasta di Jalan Slamet Supriyadi, Kelurahan Bandungrejosari itu, serta para siswa yang terlibat di video itu dimintai keterangan di Mapolsek Sukun, Kota Malang. Pihaknya juga mengklaim telah memberikan sanksi kepada siswa yang terlibat perkelahian di luar area sekolah.

Kepala SMP, Kukuh Dartono menuturkan, bahwa para siswa itu merupakan siswa sekolahnya, yang tengah istirahat untuk menunaikan salat Jumat. Memang ketiadaan masjid memaksa murid-muridnya salat Jumat di luar area sekolah, tapi belum jam pulang sekolah.

"Itu sholat Jumat, biasanya kami kebetulan fasilitas sekolah kami belum ada masjid sehingga sholatnya di masjid ini, belum (pulang sekolah)," ucap Kukuh Dartono, usai ditemui di Mapolsek Sukun, Sabtu siang (2/3/2024).

BACA JUGA:

Menurutnya, seluruh siswa yang terekam di CCTV, termasuk terduga pelaku perundungan dan korban adalah siswa satu kelas di kelas VII. Saat ini mereka tengah dimintai keterangan oleh kepolisian.

"Tadi susah disebutkan identitas dan semuanya sudah dipelajari oleh kepolisian. (Motif perundungan) di Polsek saja karena secara rinci sudah diinterogasi oleh kepolisian," bebernya.

Kukuh memastikan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan evaluasi, pasca kejadian perundungan dan perkelahian di luar area sekolah itu. Termasuk di antaranya mempertemukan kedua belah pihak yang terlibat perkelahian dan mendatangkan orang tua mereka.

"Tentunya ini menjadi evaluasi kami, tentunya (pemberian sanksi) pasti akan lakukan tindakan sesuai dengan aturan sekolah. Ya aturan yang ada di sekolah terkait pembinaan secara individu. Pada korban kemudian kami mendatangkan mediasi dengan orang tua, tentunya dan pembinaan secara klasikal jangka kepada seluruh siswa," jelasnya.

Sebelumnya video viral peristiwa diduga bullying terjadi di Kota Malang. Video itu terlihat sekumpulan remaja tengah berjalan dan terjadi beberapa pemukulan ke salah satu pelajar.

BACA JUGA:

Dari informasi ini peristiwa ini terjadi di kompleks perumahan Jalan Janti Barat Blok A, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Aksi perundungan ini terekam oleh kamera CCTV yang terpasang di sekitar lokasi kejadian. Diketahui aksi ini terjadi pada Jumat 1 Maret 2024 kemarin sekitar pukul 11.00 sebelum salat Jumat.

Para pelajar ini tampak leluasa melakukan aksinya karena situasi di sekitar sepi. Terlihat ada dua sampai tiga pelajar yang melakukan aksi perundungan dengan menendang dan memukul ke satu pelajar tersebut.

Sontak saja aksi perundungan yang beredar yang diunggah pada akun Instagram@malangraya_info itu dikecam warganet. Beberapa warganet mengomentari agar pelaku dihukum dengan setimpal atas perbuatannya

Sumber: Okezone