Terdengar Dentuman Misterius di Jakarta, Ini Reaksi Beragam Netizen

Okezone
 Okezone - Mon, 21 Sep 2020 05:01
 Dilihat: 404
Terdengar Dentuman Misterius di Jakarta, Ini Reaksi Beragam Netizen

DI sejumlah wilayah DKI Jakarta pada Minggu 20 September 2020 malam terdengar suara dentuman misterius. Dentuman tersebut cukup keras dirasakan. Namun, mereka tidak mengetahui dari mana berasal.

Fenomena ini pun sontak menjadi pembahasan di dunia maya. Bahkan kata "Dentuman" sempat menjadi trending topic. Hingga kini sudah ada 4.790 tweet terkait dentuman misterius pada Minggu malam kemarin.

Baca juga:Reality Show Ini Beri Hadiah Misi Penerbangan ke Luar Angkasa

Adapun komentar warganet (netizen) beragam. Di antara mereka ada yang menganggap ini fenomena alam, ada yang bertanya-tanya, hingga mengajak semua orang untuk introspeksi diri dengan banyak berdoa dan beribadah.

"Eh keluarga ku di jkrt loh. Jgn pd bikin khawatir dong :( dentuman apasih sbnrnya. Serius nanya #dentuman," tulis akun Twitter @salsamaid, sebagaimana Okezone kutip, Senin (21/9/2020).

"Kalian semua harus banyak doa/ibadah," respons @hanifamnesia.

"Semoga itu suara petir aja ber #dentuman," komentar @Liyani59382787.

"Semoga Allah melindungi kita semua dari marabahaya #dentuman," tulis @vn_fajri.

"Yg jadi aneh kenapa #dentuman ini selalu terjadi tengah malem atau subuh2, kalaupun petir emng harus selalu malem atau tengah malem ya? Ada yg bisa jelaskan?" respons @PiudRofi.

Baca juga:Selain Venus, 4 Tempat di Luar Angkasa Ini Berpotensi Miliki Kehidupan

Sementara pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menduga suara dentuman misterius yang terjadi di Ibu Kota dan sekitarnya berasal dari petir besar di area Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Mereka menyatakan hal ini berdasarkan acuan alat yang dimiliki.

"BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Senin (21/9/2020).

Sehingga, jelas dia, suara dentuman tersebut tidak bersumber dari gempa bumi, namun ada dugaan bersumber dari petir.

Sumber: Okezone