Resep Cromboloni Ala Nadya Puteri, Dessert Viral Lezat

Okezone
 Okezone - Thu, 21 Dec 2023 03:30
 Dilihat: 190

CROMBOLONI menjadi salah satu camilan viral saat ini. Saking viralnya, makanan ini bahkan sangat cepat terjual. Teksturnya yang renyah diluar tapi lembut di dalam, ditambah dengan isian yang manis dan lumer bikin semua orang terpesona.

Tapi tak perlu khawatir, ternyata cromboloni bisa dibikin sendiri di rumah Anda dengan mudah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep cromboloni anti gagal ala Nadya Puteri runner up Masterchef Indonesia season 8, dikutip dari Instagram @nadya.mci8, Kamis (21/12/2023).

Resep Cromboloni

Bahan dasar Cromboloni:

2 lembar danish pastry instan (bisa untuk 6-7 cromboloni uk. Ring diameter 9cm)

1 kuning telur

1 sdm susu cair

150ml whipping cream

2 sdm selai coklat

100g chocolate chips (80g leleh untuk topping + 20g utuh untuk taburan)

Cara membuat:

1. Siapkan ring roti dengan ukuran diameter 9 cm dan potong memanjang danish pastry sesuai dengan tinggi ring roti tersebut.

2. Setelah itu, gulung danish pastry yang telah dipotong satu per satu, sampai seluruh adonan habis.

3. Danish pastry yang telah digulung kemudian satu per satu di letakan di tengah-tengah ring roti. Jangan lupa untuk mengoleskan loyang dengan margarin atau butter terlebih dahulu agar tidak lengket saat cromboloni matang.

4. Kemudian resting adonan cromboloni selama kurang lebih 1,5 jam sampai mengembang.

5. Jika adonan telah mengembang, oleskan bagian atas yang berbentuk spiral dengan kuning telur agar hasilnya menjadi mengkilap.

6. Lalu, penting untuk meletakan loyang datar dengan pemberat yang menutupi adonan cromboloni agar ketika adonan mengembang saat dioven, bentuknya tetap cantik dan sempurna.

Sumber: Okezone