Penemuan Hiu Berwajah Babi Hebohkan Italia, Ternyata Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Fri, 10 Sep 2021 10:56
 Dilihat: 252
Penemuan Hiu Berwajah Babi Hebohkan Italia, Ternyata Ini Faktanya

ROMA - Seekor ikan hiu dengan wajah mirip babi ditemukan di perairan marina Darsena Medicea, Kota Portoferraio di Pulau Elba, Italia. Ikan unik itu ditemukan mengambang oleh beberapa perwira angkatan laut Italia yang kemudian menariknya keluar dari air.

Ketika mereka menarik ikan itu keluar dari air, mereka dibuat terkejut menemukan hiu itu memiliki wajah mirip seekor babi.

BACA JUGA: Viral Hiu Berwajah Mirip Manusia, Ini Penjelasan Pakar Perikanan IPB

Penemuan ini terjadi pada tiga minggu lalu dan menjadi viral setelah foto hewan yang tampak aneh itu diposting di media sosial.

Namun, isu mengenai penemuan hewan ikan mutan segera ditepis karena setelah diidentifikasi, ikan itu ternyata adalah seekor hiu kasar Angular (Oxynotus centrina) yang sangat langka.

Hiu kasar Angular ini diketahui hidup di Samudra Atlantik Timur dan Mediterania.dan dikenal dengan kepalanya yang lebar dan rata serta moncongnya yang gemuk dan tumpul. Kadang-kadang hiu kasar Angular juga dikenal sebagai hiu berwajah babi, yang biasanya hidup hingga 2.300 kaki di bawah permukaan.

BACA JUGA: Hiu Putih Raksasa Berusia 50 Tahun Ditemukan di Pantai Kanada

Makhluk itu juga terdaftar dalam Daftar Merah IUCN sebagai hewan terancam punah, yang berarti jarang terlihat.

Menyusul terungkapnya fakta tersebut, beberapa warganet mengkritik posting media sosial yang viral karena menganggap hiu tersebut sengaja ditangkap dan dibunuh. Namun, nyatanya hiu itu dibawa ke Kantor Pelabuhan untuk dipelajari sebelum akhirnya dikembalikan ke laut.

Sumber: Okezone