Pemkab Malang Cek Air Sungai Warna Merah yang Bikin Heboh

Okezone
 Okezone - Mon, 08 Jul 2024 05:30
 Dilihat: 111

MALANG - Pemkab Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama perangkat Desa Kidal, melakukan pengecekan mata air sungai berwarna merah yang buat heboh. Pengecekan dilakukan dengan menelusuri aliran Sungai Kedungdaringan dari punden Desa Kidal.

Tampak empat orang pegawai DLH Kabupaten Malang didampingi oleh perangkat desa, dan warga sekitar mengecek lokasi sumber mata air yang sempat mengeluarkan air berwarna merah. Mereka menelusuri beberapa titik sungai hingga sumber dan ke atasnya sumber, pada Senin (8/7/2024).

Petugas DLH juga melakukan pengecekan sampah-sampah di sekitar lokasi sungai. Mereka terlihat satu persatu mengecek sampah yang ada di sekitar cekungan yang merupakan sumber mata air.

Pengecekan fisik juga dilakukan dengan melihat kondisi biota sungai. Sebab hewan - hewan seperti ikan juga masih terlihat hidup, kawasan bebatuan di sekitar sungai juga dicek, apakah mengeluarkan bau tak sedap atau tidak.

Hasil penelusuran kali ini memang tidak didapati sesuatu yang mencurigakan. Bahkan dari tim DLH tidak membawa sampel air atau apapun pengecekan sekitar 20 menit di lokasi sungai.

Penelusuran ini dilakukan usai warga tiga desa di Kecamatan Pakis dan Tumpang dihebohkan oleh air sungai berwarna merah. Selain itu, ada informasi unggahan di media sosial (medsos) yang menarasikan bahwa adanya cairan pewarna tekstil berwarna merah, yang dibungkus kain dibuang ke sungai.

Badri, perangkat Desa Kidal mengatakan, pengecekan ini untuk memastikan bahwa kondisi sungai kecil yang mengalir hingga ke desa sebelah tidak tercemar. Sementara dari hasil penelusuran sungai memang tidak ada indikasi adanya pencemaran lingkungan.

"Tapi kami sudah menelusuri dari punden situ ke sumber mata air ini memang tidak ada bekas di bebatuan, terus ikan-ikan pun sampai sekarang ya tidak ada yang mati," ucap Badri, ditemui MNC Portal di lokasi.

Sumber: Okezone