Monumen Kapal Selam Pasopati 410 Jadi Viral, Ruangan Sempit dan Terbatas

Okezone
 Okezone - Mon, 26 Apr 2021 06:07
 Dilihat: 214
Monumen Kapal Selam Pasopati 410 Jadi Viral, Ruangan Sempit dan Terbatas

JAKARTA - Video monumen kapal selam (Monkasel) Pasopati 410 di Surabaya jadi viral usai KRI Nanggala 402 tenggelam. Sejumlah warganet terharu dan sedih melihat bagian dalam kapal selam. Pasalnya, selain ruangan sempit dan terbatas, ruang komandan pun tak menunjukkan kemewahan dan sangat kecil.

Hal itu terlihat usai akun tiktok @Benny Kuncoro mempostingnya, Minggu (25/4/2021). Video yang terbagi dalam dua posting itu telah ditonton 16,6 juta pengguna tiktok.

"Lagi membayangkan mereka yg di dalam sana ya Allah... Pasti mereka panik banget...," katanya seorang pengguan tiktok.

Dalam video yang beredar terlihat satu persatu sudut ruangan kapal selam, mulai dari ruang torpedo di depan hingga ruang kapal di belakang.

Ruang ruang itu pun tampak sempit dan seperti tak mengukur tinggi orang dewasa. Sehingga orang berjalan di lorong kapal dipastikan harus menunduk.

Di ruangan itu pula terlihat, aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Mereka tak bisa bergerak dengan bebas karena ruang sempit dan dipenuhi sejumlah panel panel listrik.

Satu yang paling menarik perhatian yakni ruang ruang komandan yang tampak sempit. Ruangan itu nyaris tak menunjukkan kemewahan. Tercatat hanya ada satu kasur yang digunakan untuk tidur dan meja yang kala itu menjadi tempat menaruh foto.

Baca Juga : Jokowi: Negara Naikkan Pangkat & Berikan Bintang Jasa untuk Awak KRI Nanggala 402

Terhadap kondisi itu, video yang telah disukai 800 ribu pengguna tiktok ini menaruh haru. Mereke membayangkan kondisi ini tak jauh berbeda dengan kapal selam nanggala 420 yang dipastikan tenggelam beberapa waktu lalu.

"Mereka semua senyum dan saling memandang satu sama lain, kemudian berpegangan tangan dan memejamkan mata sambil menangis, dan mereka sudah ikhlas," tutur seorang warganet.

Sumber: Okezone