Mengulik Istilah Gunung Merapi Tak Pernah Ingkar Janji yang Sempat Viral Usai Gunung Erupsi

Okezone
 Okezone - Thu, 18 Jan 2024 06:29
 Dilihat: 135

JAKARTA - Mengulik istilah Gunung Merapi tak pernah ingkar janji yang sempat viral usai gunung erupsi. Saat ini aktivitas vulkanik yang masih tinggi membuat status Gunung Merapi masih pada level 3 atau siaga.

Sebelumnya, saat meletus 2010, Gunung Merapi yang menelan korban 26 orang termasuk juru kunci Mbah Marijan juga telah menyisakan museum milik warga yang dikenal museum sisa hartaku. Di sana juga terlihat tulisan "Merapi Tak Pernah Ingkar Janji".

Berikut ini mengulik istilah Gunung Merapi tak pernah ingkar janji yang sempat viral usai gunung erupsi:

Merapi tak pernahingkar janji seperti sebuah ungkapan yang kerap dilontarkan ketika membicarakan Gunung Merapi yang membentang di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini.

Setelah ditelusuri, ungkapan tersebut merupakan plesetan dari film era 80-an yang berjudul "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji" yang dibintangi Adi Bing Slamet dan Paramitha Rusady.

Ungkapan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji diketahui menggambarkan kondisi Gunung Merapi yang terus bergejolak di setiap periode, dan dimulai sejak abad 16 kegiatan Merapi mulai kontinyu. Dalam sejarahnya proses letusan Gunung Merapi melewati beberapa siklus.

Sumber: Okezone