Mengenal Arti Kata Boundaries yang Viral di TikTok

Okezone
 Okezone - Tue, 14 Nov 2023 16:00
 Dilihat: 504

MENGENAL arti kata boundaries yang viral di TikTok. Boundaries merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti batasan.

Biasanya beberapa netizen menjelaskan mengenai boundaries menurut versi mereka masing-masing. Menjadi pertanyaan besar, apa arti kata boundaries yang viral di TikTok? Apakah itu memiliki pengertian yang sama dengan makna harfiahnya, atau ada penjelasan lain di balik kata boundaries?

Berikut adalah arti kata boundaries yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa(14/11/2023).

Mengutip kamus Merriam Webster, boundaries adalah bentuk jamak dari boundary yang masuk kategori kata benda. Arti boundaries adalah sesuatu yang menunjukkan atau menetapkan batas atau luas, sederhananya boundaries adalah batasan-batasan.

Sementara itu, mengutip laman DJKN Kementerian Keuangan, boundaries memiliki makna yang jauh lebih dalam. Boundaries adalah limit atau batas yang menandakan hal-hal mana yang dapat diterima dan tidak, apa yang bisa ditolerir atau tidak, baik itu berlaku baik bagi orang lain ataupun diri kita sendiri.

Mengutip buku Boundaries karya Dr. Henry Cloud dan Dr. John Townsend, boundaries ini layaknya sebuah rumah, yang memiliki pagar, ruangan-ruangan tertentu seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga hingga kamar tidur.

Sehingga, kita sebagai individu ini dikatakan sebagai pemilik rumah yang memiliki batasan untuk orang-orang mana yang diizinkan masuk. Ada yang hanya diizinkan masuk sampai pagar depan, ruang tamu atau bahkan kamar tidur.

Sehingga, seperti itulah gambaran dari penerapan boundaries atau batasan pada diri kita, baik itu batasan fisik, emosional ataupun spiritual.

Dengan demikian, setting boundaries atau membuat batasan adalah sesuatu yang sudah semestinya dilakukan oleh setiap individu dengan tujuan menjaga diri kita pribadi. Sehingga, kita harus menetapkan boundaries atau batasan pada diri kita, baik itu dalam hubungan kekerabatan, pertemanan, percintaan, sosial hingga hubungan pekerjaan.

Demikianlah penjelasan mengenai arti kata boundaries yang viral di TikTok, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber: Okezone