Langkah PSSI Lindungi Pemain Timnas Indonesia dari Bully Netizen

Okezone
 Okezone - Sun, 12 May 2024 08:00
 Dilihat: 62

LANGKAH PSSI lindungi pemain Timnas Indonesia dari bully netizen di media sosial terungkap. Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa mereka akan melakukan kerja sama dengan Meta yang merupakan perusahaan pemilik Facebook dan Instagram, serta merangkul pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Tak bisa dimungkiri, cukup banyak netizen yang kerap melakukan bully kepada pemain Timnas Indonesia. Salah satu contohnya bully dialami Marselino Ferdinan beberapa waktu lalu saat berjuang bersama Skuad Garuda Muda.

Netizen menyorot performa Marselino karena dinilai bermain terlalu egois di beberapa pertandingan. Bahkan, kolom komentar di akun media sosial milik Marselino langsung ramai dibanjiri kritikan.

Tentunya, situasi ini akan mengganggu mental pemain. PSSI pun sadar akan hal itu. Oleh karenanya, Arya mengungkapkan bahwa PSSI sejatinya sudah memiliki konsep untuk melindungi para pemain Timnas Indonesia pada semua level.

"Sebenarnya sebulan-dua bulan ini kami sudah punya konsep mengenai perlindungan terhadap pemain dan pelaku sepakbola," kata Arya di GBK Arena pada Sabtu 11 Mei 2024.

"Di mana ternyata bully-an terhadap sepakbola, pemain sepakbola bahkan yang terbaru adalah bagaimana tindakan-tindakan rasisme yang dilakukan oleh netizen, saya tidak mau ngomong suporter loh, karena suporter ini kan yang memang dia adalah masuk ke lapangan dia pergi ke lapangan, dia nonton di lapangan, kemudian dia juga suport dengan berbagai cara tapi kalau netizen kami tidak tahu ya banyak banget," sambungnya.

Arya mengungkapkan, PSSI akan melakukan kerja sama langsung dengan pihak-pihak terkait, seperti Meta dan Kominfo. Terlebih, kasus bully tidak hanya terjadi kepada pemain Timnas Indonesia saja.

Sumber: Okezone