Kisah di Balik Penghulu Viral karena Sampaikan Nasihat Kocak

Okezone
 Okezone - Wed, 01 Sep 2021 23:20
 Dilihat: 393
Kisah di Balik Penghulu Viral karena Sampaikan Nasihat Kocak

MALANG - Seorang penghulu di Malang mendadak viral di media sosial karena nasihat pernikahannya yang dinilai kocak. Penghulu bernama Anas Fauzi ini merupakan penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru, Kota Malang.

Saat ditemui di kediamannya di Jalan Jembawan XII, Pakis, Kabupaten Malang, pada Rabu malam (1/9/2021), Anas menyatakan, sebenarnya materi nasehat yang disampaikan di pernikahan tak ada bedanya dengan penghulu - penghulu lainnya.

"Insya Allah materinya sama para ustad, para kyai sama ya begitu, cuma metode cara penyampaian yang beda. Semua punya ciri khas nggak perlu dibeda - bedakan," ujar Anas.

Menurutnya, apa yang disampaikan di pengajian dan nasihat pernikahan yang diiringi guyonan, itu dilakukan di acara sebelum dan setelah ijab qobul. Sedangkan saat prosesi ijab qobul, tentu ada pantangan untuk dibuat bercanda atau guyonan.

"Sebagai penutup, saat ijab qobul nggak boleh ada guyon," kata pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rozzaq, Desa Slamperejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Setiap materi yang diberikan dalam suatu pernikahan disebut pria berusia 51 tahun berbeda - beda, tergantung melihat kondisi dan situasi pihak keluarga. Ada yang karena terlihat terburu-buru pihak keluarga pengantin, ia pun mempersingkat nasehatnya.

Baca Juga : Penghulu Ini Berikan Nasihat Kocak ke Pengantin Pria: Jangan Lupa Bayar Iuran Warga

"Kita lihat situasi, kondisi kita lihat, bahkan ada yang tidak kita beri apa - apa, yang punya acara tampak seperti terburu-buru mau ada acara apa, kan kita bisa lihat, nyaman diberi materi, ini tidak nyaman diberi pengajian bisa dihitung dengan feeling. Oh ini cepet-cepetan, oh ini masih punya waktu bisa ditentukan ditentukan di saat pra-nikah, saya coba melihat situasi kondisi," ujarnya.

Sumber: Okezone