Heboh, Video Oknum KPPS di Papua Diduga Coblos Sendiri Surat Suara

Okezone
 Okezone - Fri, 11 Dec 2020 08:08
 Dilihat: 405
Heboh, Video Oknum KPPS di Papua Diduga Coblos Sendiri Surat Suara

JAYAPURA - Beredar video yang memperlihatkan oknum Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Asmat, Papua diduga sedang melakukan pencoblosan surat suara Pilkada Serentak 2020.

Dalam video amatir berdurasi 2.19 menit tersebut terlihat 3 orang yang diduga oknum KPPS sedang mencoblos surat suara. Mereka mencoblos tepatnya pada gambar pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Asmat nomor urut 1.

(Baca juga: KPU Cari Jadwal Pelaksanaan Pilkada Susulan di Paniai Papua)

Diketahui Pilkada Kabupaten Asmat diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Elisa Kambu-Thomas Eppe Safanpo dan pasangan nomor urut 2 Yulianus Payzon Aituru-Bonafasius Jakfu.

Amandus Situmotang, Komisioner Bawaslu Papua, membenarkan beredarnya video viral oknum KPPS di Asmat tersebut. "Diduga adalah oknum KPPS di Asmat. Kita sudah tindak lanjuti dengan Bawaslu Asmat dan Sentra Gakumdu," kata Amandus.

Dia menjelaskan bahwa di 8 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Asmat melaksanakan Pilkada menggunakan sistem Noken, yang sebetulnya tidak tertuang secara nasional.

(Baca juga: Usut Penembakan Laskar FPI, Bareskrim Periksa 14 Saksi)

"Dari 8 TPS di 3 Distrik melakukan sistem Noken. Ini tidak ada dan tidak dibenarkan karena di Asmat sudah harus menggunakan sistem coblos bukan mufakat. Jadi oknum KPPS tersebut mencoblos suara sesuai mufakat," ungkapnya.

Ketiga Distrik tersebut adalah Distrik Kopai tepatnya TPS Kampung Sinipit, Distrik Akat di TPS Kampung Ayama dan 6 TPS yang berada di Distrik Agats.

"Karena hari ini batas penyampaian rekomendasi PSU, maka kami sudah berkordinasi dengan Bawaslu Asmat untuk rekomendasi itu ke KPU Kabupaten Asmat," katanya.

Sumber: Okezone