Heboh Kabar Sekelompok TKA China Datangi Indonesia untuk Ikut Pemilu, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Wed, 27 Feb 2019 09:15
 Dilihat: 493
Heboh Kabar Sekelompok TKA China Datangi Indonesia untuk Ikut Pemilu, Ini Faktanya

BEREDAR video dengan penggalan narasi tenaga kerja asing berambut cepak mulai berdatangan di Batam dan Soekarno-Hatta (Soeta). Video tersebut terlihat di akun Facebook "Arida Nurwijayanti".

Video yang sudah dibagikan hingga belasan ribu kali itu diserta narasi, "Kedatangan TKA dengan model rambut cepak di Batam dan Suta sudah ditunggu dengan E-KTP Dan Vidio Tata Cara Memilih Paslon Presiden 2019-2024 Dengan Menggunakan Bahasa Mandarin.

Ini Bertanda Orang Luar Ikut Campur Menentukan dan Memilih Calon Presiden RI, Dan Apakah Ini " WELLCOME INDOCHINA "

Kalian Pribumilah Jawabannya."

Hasil penelusuran, ternyata video ini dipelintir dari sisi konteks. Yang sedang dilakukan oleh penumpang di video yang digunakan oleh post sumber adalah antri check-in di loket keberangkatan. Jika memang "datang" seperti yang disebutkan di narasi, seharusnya di terminal kedatangan, bukan keberangkatan.

Dengan demikian, maka dapat dijelaskan bahwa kabar tersebut memuat Mislead Content, yakni ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Post sumber membagikan video penumpang yang sedang antre di loket keberangkatan.

Unggahan sumber lalu menambahkan narasi untuk memelintir dan membangun premis yang salah dari konteks video yang sebenarnya. Jika memang datang seperti klaim yang dinarasikan seharusnya di terminal kedatangan, bukan keberangkatan.

Kemudian, lokasi video yang digunakan oleh post sumber adalah Terminal 1 keberangkatan Bandara Soekarno Hatta, salah satu artikel di salah satu media mainstream berjudul: "Antrean Panjang di Konter Lion Air, "Check In" Sejam Sebelum Berangkat Dianggap Telat".

Mengenai klaim video tata cara memilih menggunakan bahasa mandarin, beberapa media daring juga sudah mengklarifikasi hal tersebut, seperti artikel berjudul "Video ajakan mencoblos Jokowi-Ma'ruf Amin berbahasa mandarin ternyata tidak benar. Video itu tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.".

Setelah itu sumber foto yang digunakan oleh post sumber juga berasal dari salah satu media daring pada tanggal10 April 2012 dengan judul "1 Juta lebih penduduk Bandung segera pegang e-KTP".

Sumber: Okezone