Heboh Kabar PCR Test Sebabkan Kanker, Benarkah?

Okezone
 Okezone - Wed, 21 Apr 2021 06:34
 Dilihat: 313
Heboh Kabar PCR Test Sebabkan Kanker, Benarkah?

MEDIA sosial dikejutkan dengan beberapa unggahan netizen yang menyebutkan bahwa PCR Test Covid-19 bisa menyebabkan kanker. Itu karena alat swab-nya mengandung etilen oksida yang bisa menimbulkan sakit kanker.

Salah satu unggahan Facebook berhasil di-capture laman AAP yang menampilkan pernyataan netizen Australia pada 5 April mengatakan, "Tes PCR adalah alasan kita semua kehilangan kebebasan kita!"

Unggahan tersebut kemudian mengklaim bahwa PCR test mengandung etilen oskida yang bersifat karsinogenik dan mutogenik. Diketahui, unggahan tersebut kini sudah menyebar di Kanada dan dilihat ribuan orang.

Baca juga:Pandemi Covid-19, IDI Sebut Terapi Kanker Bisa Dilakukan via Telemedis

Lantas, apakah klaim tersebut benar?

MNC Portal coba menanyakan hal ini ke ahli onkologi Dr dr Denni Joko Purwanto SpB(K) Onk MM. Dia dengan tegas mengatakan bahwa itu adalah kabar sesat atau hoaks.

"PCR Test tidak menyebabkan kanker. Jadi, itu informasi yang sama sekali tidak benar," tegasnya dalam keterangan virtualnya di webinar, Rabu (21/4/2021).

Baca juga:Kenali 3 Manfaat Tomat, Lawan Kanker hingga Perbaiki Mata

Sementara itu dalam laman AAP FactCheck, para ahli menjelaskan bahwa jumlah bahan kimia yang tersisa pada alat swab PCR test setelah dilakukan pembersihan dengan etilen oksida hampir tidak terdeteksi dan artinya tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia.

Dokter Gaetan Burgio, ahli genetika dan penyakit menular dari Universitas Nasional Australia, mengatakan etilen oksida yang digunakan untuk mensterilkan alat swab PCR test untuk mengecek covid-19 dipastikan tak mengandung kontaminan.

Sumber: Okezone