Heboh Cahaya Misterius Jatuh di Gunung Raung, LAPAN Turun Tangan

Okezone
 Okezone - Sat, 05 Jun 2021 08:02
 Dilihat: 340
Heboh Cahaya Misterius Jatuh di Gunung Raung, LAPAN Turun Tangan

BANYUWANGI - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) angkat bicara mengenai cahaya misterius yang tertangkap kamera pengawas CCTV Gunung Raung. Cahaya misterius ini sendiri diduga merupakan benda luar angkasa yang jatuh ke bumi.

Kepala Lapan Thomas Jalaluddin menerangkan bila cahaya misterius memang tertangkap kera dan citra satelit Himawari sekitar pukul 19.50 WIB. Pihaknya menyebut, bila diduga cahaya misterius ini merupakan benda meteor yang jatuh dari luar angkasa.

"Analisis saya, berdasarkan citra CCTV, tampaknya itu adalah meteor besar yang menerangi awan di dekatnya. Arah datang meteor di medan pandang CCTV adalah dari arah bawah, artinya lintasannya mengarah posisi CCTV," ujar Thomas, saat dikonfirmasi, pada Sabtu pagi (5/6/2021).

Thomas menjelaskan, bahwa benda yang diduga kuat adalah meteor ini hanya melintasi Gunung Raung. Dari sanalah meteor ini akhirnya tertangkap citra satelit Himawari, lantaran meteor menerangi awan rendah.

"Dari citra satelit Himawari, meteor menerangi awan rendah (sekitar 6 km) yang tidak tampak pada citra awan tinggi (di atas 10 km) yang memantulkan cahaya matahari yang belum lama terbenam. Gelombang kejut yang tampaknya berkaitan dengan laporan suara dentuman," tuturnya.

Sebelumya diberitakan, sebuah cahaya misterius terekam kamera CCTV pengawas di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung pada Jumat malam 4 Juni 2021, sekitar pukul 19.51 WIB. Tangkapan layar adanya cahaya misterius ini pun viral beredar di media sosial.

Sumber: Okezone