Dirut Bulog Beberkan Ada Pihak Sengaja Viralkan Beras Bansos Rusak

Okezone
 Okezone - Mon, 30 Aug 2021 07:48
 Dilihat: 123
Dirut Bulog Beberkan Ada Pihak Sengaja Viralkan Beras Bansos Rusak

JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan adanya pihak-pihak yang sengaja memviralkan bantuan beras PPKM rusak yang terjadi di Pandeglang, Banten untuk mencemarkan nama baik Bulog.

Buwas menjelaskan ada pihak yang sebelumnya menjadi pemasok dan penyalur untuk program bantuan beras keluarga sejahtera (Rastra) tidak mendapatkan bagian penyaluran bantuan beras PPKM sebanyak 288 ribu ton kepada 8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang seluruhnya ditugaskan kepada Bulog.

Baca Juga: 9 Fakta Masalah Beras Bansos, Buwas Pasang Badan

"Maka yang kemarin itu di antaranya adalah temuan dari kelompok-kelompok yang dulunya pensupply, jadi karena tidak dapat, mereka mencari kelemahannya," katanya, dikutip dari Antara, Senin (30/8/2021).

Buwas mengungkapkan kronologi tersiarnya kabar beras rusak dari Bulog untuk program Bantuan Beras PPKM di Pandeglang Banten. Beras tersebut sempat terkena air hujan saat penurunan dari truk ke kelurahan yang dilakukan oleh transporter.

Baca Juga: Beras Bulog Sangat Sesuai untuk Dikonsumsi dalam Pola Gaya Hidup Sehat

Buwas menyebut hanya terdapat tiga sak beras yang rusak dari total 464 paket yang diterima di kelurahan tersebut. Dikarenakan kondisi beras yang rusak, beras tersebut tidak disalurkan kepada warga dan hanya disimpan di kantor kelurahan.

Namun tiga sak beras yang rusak tersebut diviralkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan narasi bahwa Bulog menyalurkan beras berkualitas buruk untuk masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM.

"Itu sudah lewat dari tiga hari ada di situ beras itu, dan memang tidak disalurkan. Ditemukan jumlah tiga sak, itu yang diviralkan, padahal itu tidak disalurkan," kata Buwas.

Sumber: Okezone