Bikin Heboh, Mentan Klaim Tak Ada Niat Memperkenalkan Kalung Antivirus Corona

Okezone
 Okezone - Tue, 07 Jul 2020 14:39
 Dilihat: 425
Bikin Heboh, Mentan Klaim Tak Ada Niat Memperkenalkan Kalung Antivirus Corona

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kembali membuat kontroversi soal kalung antivirus Corona. Dirinya mengklaim tidak berniat untuk memperkenalkan kalung yang saat ini masih dalam tahap pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Kalung antivirus Corona ramai diperbicangkan ke publik saata Syahrul mengenakan dalam pertemuan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimujono, Jumat 3 Juli 2020. Saat konferensi pers tentang lumbung pangan baru, Syahrul menarik perhatian awak media karena mengenakan kalung berwarna hijau dengan tulisan antivirus corona.

Kalung yang mencolok tersebut semakin menarik perhatian karena seluruh jajarannya juga ikut serta menggunakan.

Baca Juga: Ke DPR Pakai Kalung Antivirus Corona, Mentan Dihujani Pertanyaan

Hanya saja dalam rapat dengan Komisi IV, Syahrul berkilah bahwa tidak ada niat memperkenalkan kalung yang digunakanya. Dia mengklaim ada awak media yang menggunakan kalung antivirus buatan Jepang, sehingga ketika itu memberikan kalung yang digunakan kepada wartawan tersebut.

"Jadi sebenarnya itu yang dijelaskan Menteri PUPR oleh media tiba-tiba ada seolah-olah menanya apa yang dipakai kalung itu terus yang nanya itu kebetulan pakai kalung dari Jepang dan saya lebih percaya kalung dari Indonesia dibandingkan yang kamu pakai," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR-RI, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Kalung Antivirus Corona Buatan Kementan Masih Membutuhkan Penelitian Lanjutan

Syahrul pun mengaku meminta kepada media yang bertanya mengenai kalung tersebut untuk melepas kalung antivirus dari Jepang tersebut. Dirinya menukar id wartawan dengan kalung antivirus corona hasil penelitian Balitbangtan Kementerian Pertanian.

"Mau enggak kita gantian atau berhenti saja pakai itu. Lalu saya bukalah kalung itu dan semua minta mudah-mudahan bulan depan kita akan (produksi)," kata Syahrul.

Pernyataan Syahrul di depan anggota DPR ini sangat berbeda dengan apa terjadi saat dirinya melakukan pertemuan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sebab tidak ada satupun media yang datang menggunakan kalung antivirus corona produksi Jepang.

Okezone yang kala itu meliput juga mengetahui langsung bahwa ada media yang menanyakan kalung apa yang dikenakan Mentan. Kemudian Syahrul menjelaskan mengenai kalung bertuliskan antivirus corona tersebut dengan antusias.

Sumber: Okezone