Viral Video Nata de Coco Plastik, Pengusaha Makanan: Jangan Ikut Sebar Hoax

Okezone
 Okezone - Mon, 16 Dec 2019 09:30
 Viewed: 368
Viral Video Nata de Coco Plastik, Pengusaha Makanan: Jangan Ikut Sebar Hoax

BEREDARNYA video hoax terkait nata de coco yang disebut mengandung plastik, seharusnya membuat Anda harus lebih cerdas menjadi konsumen. Tak usah khawatir, nata de coco adalah murni makanan yang aman dikonsumsi untuk siapa saja.

Sayangnya, dari beberapa tayangan video hoax nata de coco, banyak orang yang mencoba untuk mengetes kandungan pangan olahan tersebut. Mereka mencoba untuk menekan lembaran tipis nata de coco dengan media kertas atau tisu.

Kemudian, semua cairan yang ada di dalam nata de coco tersebut keluar. Orang pun percaya bahwa sisa lembaran nata de coco diklaim mirip plastik, karena warnanya mengkilap.

Bahkan, beberapa orang pun ada yang mencoba menyulutnya dengan api. Alhasil, lembaran tipis nata de coco itu menyala bak plastik terbakar.

Direktur Pengawasan Pangan Olahan Resiko Rendah dan Sedang BPOM RI, Ema Setyawati menegaskan, nata de coco murni masuk ke dalam golongan pangan. Dalam prosesnya, nata de coco merupakan fermentasi dari air kelapa kemudian berubah menjadi selulosa murni, sebagai produk kegiatan mikroba Acetobacter xylinum.

"Nata de coco ini minuman asalnya dari kelapa murni. Nata de coco itu betul-betul makanan, bukan plastik," kata Ema dalam Diskusi Media: Kebaikan Nata De Coco Kelapa Indonesia, di Hariss Hotel FX Sudirman, Senin (16/12/2019).

Source: Okezone