Viral Video Bendera Tauhid Diduga Milik HTI Dibakar, Ridwan Kamil Bereaksi

Okezone
 Okezone - Mon, 22 Oct 2018 14:57
 Viewed: 380
Viral Video Bendera Tauhid Diduga Milik HTI Dibakar, Ridwan Kamil Bereaksi

BANDUNG - Beredar video sekelompok orang membakar bendera berwarna hitam bertulis kalimat tauhid yang diduga bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Video yang viral di media sosial itu kemudian dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak kepolisian.

"Yah benar, kejadiannya di Garut," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, saat dikonfirmasi melalui sambungan telefon, Senin (22/10/2018).

Namun Budi enggan menjelaskan kapan dan di mana tepatnya kejadian aksi pembakaran bendera tersebut.

"Mohon waktu, kami tengah kordinasi saat ini," singkat Budi.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil ikut angkat bicara atas kasus ini. Lewat akun Instagramnya, @ridwankamil menyesalkan aksi pembakaran bendera yang tertera kalimat tauhid di atasnya. Meski dia mengerti bahwa pembakaran tersebut dimaksudkan 'menghanguskan' simbol organisasi yang sudah dilarang Pemerintah, tapi menurutnya tetap saja 'tindakan tersebut sudah pasti memberikan multi tafsir'.

(Baca juga: Viral Murid SD Belajar di Rumah Guru karena Perselisihan Kepala Sekolah)

"Lain kali serahkan saja kepada aparat keamanan. Sebaiknya jika kita tidak suka terhadap sesuatu, belajarlah untuk menyampaikan pesan dengan adab dan cara yang baik. Bangsa kita harus naik kelas menjadi bangsa yang lebih mulia dan lebih beradab. Keberadaban kita dilihat dari cara kita menyampaikan pesan dan dilihat dari cara kita menyelesaikan perbedaan," tulis Ridwan Kamil.

Pria yang biasa disapa Kang Emil itu meminta "sebaiknya yang bersangkutan segera menyampaikan permohonan maaf".

Video berdurasi satu menit tersebut merekam sekelompok orang yang tengah menggunakan pakaian loreng. Video itu sendiri diunggah oleh akun @ismail_yusanto.

Dalam unggahannya tersebut, pemilik akun menuliskan keterangan video, 'Astagfirullahal adzim. La hawla wala quwwata illa billah. Apa isi hati dan pikiran mereka, tega bakar bendera tauhid,' begitu tulisnya

Source: Okezone