Viral Pengemis Punya Cek Rp1,3 Miliar, Perindo: Masyarakat Harus Lebih Teliti Berdonasi

Okezone
 Okezone - Tue, 02 May 2023 22:39
 Viewed: 153

JAKARTA - Belum lama ini publik dihebohkan dengan pengemis yang mempunyai cek senilai Rp1,3 miliar dan uang tunai Rp1,8 juta. Diketahui, pengemis tersebut terjaring razia di Jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Identitas pengemis viral tersebut pun terkuak dan diketahui bernama Tini.

Merespons hal tersebut, Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Yerry Tawalujan menyatakan, kejadian tersebut harus menjadi perhatian masyarakat dalam memberikan bantuan.

Alih-alih memberikan kepada yang membutuhkan, jika donasi tidak pada tempat yang sesuai maka akan menambah kekayaan orang yang menjual rasa iba belaka. "Memanipulasi rasa belas kasihan di masyarakat untuk mendapatkan uang secara mudah dengan cara mengemis, tentu ini tidak benar," kata Yerry saat dihubungi, Selasa 2 Mei 2023.

Karena itu, Yerry mengimbau masyarakat agar lebih selektif dalam membagikan rezeki yang mereka miliki. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kepada pihak-pihak yang jelas kevalidan mereka sebagai lembaga filantropis.

"Masyarakat untuk bisa lebih bijak, lebih berhati-hati (dalam membagikan) sumbangan, lebih baik berikan sumbangan ke panti-panti sosial, asuhan, jompo, dan lembaga-lembaga lain yang layak untuk menerima sumbangan sosial," ujarnya.

Source: Okezone