Viral! Pasien Covid-19 Membludak hingga ke Lobby RS Saiful Anwar Malang

Okezone
 Okezone - Tue, 22 Dec 2020 01:55
 Viewed: 459
Viral! Pasien Covid-19 Membludak hingga ke Lobby RS Saiful Anwar Malang

MALANG - Viral di media sosial tangkapan rekaman CCTV, pasien Covid-19 meluber di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Saiful Anwar Malang. Terkait hal tersebut, pihak rumah sakit pun membenarkan bahwa gambar tersebut menyerupai IGD Incovid rumah sakit, dan menyebut okupansi kamar pasien covid sangat tinggi beberapa hari terakhir.

Dalam unggahan di media sosial twitter oleh akun @joelpicard, nampak kondisi ruangan yang dipenuhi pasien dengan tenaga medis mengenakan APD lengkap, dengan caption unggahan bertuliskan "overflowing covid patients at rssa".

Baca juga: Spanduk Penolakan Penutupan Permanen Rest Area KM50 Bermunculan

Pihak RSUD Dokter Saiful Anwar Malang atau RSSA pun memberi tanggapan. Meski belum bisa memastikan sumber foto tersebut, namun Kasubbag Humas RSSA, Donny Iryan menyebut, bahwa gambar tersebut menyerupai IGD Incovid RSSA.

Baca juga: Viral Emak-Emak Tumpahkan Cendol Dagangan demi Konten, Netizen: Ganti Rugi

Donny juga menyebut, bahwa okupansi atau keterisian kamar khusus pasien covid beberapa hari terakhir sangat tinggi melebihi 85%, itu artinya ruang isolasi memang penuh.

"Kemungkinan foto diambil saat terjadi stagnasi pasien, atau saat ruangan penuh, pasien di IGD tidak bisa masuk ke ruang perawatan," kata Donny, Selasa (22/12/2020).

Kini, kata dia, pihak RSSA sendiri sudah memodifikasi IGD Incovid yang standarnya 20 bed, menjadi 30 bed. Selain itu, RSSA juga memodifikasi ruang ruang di sekitar Incovid, total ada 53 tambahan bed.

Meski begitu, pihak RSSA belum bisa memaksimalkan tambahan bed tersebut, karena juga harus mengukur kemampuan tenaga kesehatan yang ekstra kelelahan, karena pandemi belum juga usai, sedangkan angka kasus covid terus naik.

Source: Okezone