Viral Nasi Jinggo Khas Bali Diplating, Makanan Kaki 5 Tampilan Bintang 5

Okezone
 Okezone - Mon, 09 Oct 2023 12:01
 Viewed: 99

NASI Jinggo adalah kuliner khas dari Bali yang cukup populer. Nasi Jinggo memang memiliki tampilan yang sederhana dan dikemas daun pisang.

Tapi bukan berarti makanan ini tidak bisa naik kelas menjadi makanan bintang 5. Nah, netizen @gilang.ramadhano di TikTok ini pun mencoba membuat nasi Jinggo naik kelas dengan platting nasi Jinggo.

Nasi Jinggo diperkirakan telah ada sejak tahun 1980an. Menurut para penjual, yang dikutip dari laman denpasarkota.go.id, nasi Jinggo pertama kali dijual di jalan Gajah Mada, Denpasar. Pembuat kudapan khas Bali ini adalah sepasang suami dan istri yang berjualan dari sore sampai malam.

Sebenarnya, sejarah keberadaan nasi Jinggo ini memiliki banyak versi. Dimana versi lain tentang asal-usul nama nasi Jinggo, seperti nama sebuah judul film "Djanggo" yang populer pada masa itu. Adapun yang mengatakan jika Jinggo berasal dari kata 'Jagoan' para pengendara motor asal Bali.

Nasi jinggo ini merupakan makanan favorit para pengendara motor, sehabis plesiran malam. Penyajian nasi Jinggo sangat sederhana dan ramah lingkungan. Hanya dengan daun pisang, dan di kunci dengan lidi di kedua sisinya memberikan kenikmatan khas dari nasi Jinggo.

Video ini menunjukkan seorang pria yang mencoba mengubah tampilan nasi Jinggo biasa dengan pembungkus daun pisang, disajikan dan ditata di atas sebuah piring bak makanan di restoran bintang lima.

"Ini namanya nasi Jinggo dari Bali, kalau di rumah aku harganya murah cuman Rp6.000 aja, yuk coba mari kita platting kira-kira ini bakal lebih cantik gak ya?," ujarnya dalam video tersebut.

Sama halnya dengan nasi Jinggo pada umumnya, dengan penuh kreatifitas, dalam video berdurasi 1 menit dan 29 detik itu Gilang berhasil menyulap nasi Jinggo biasa memiliki tampilan yang lebih elit, dengan porsinya yang jauh lebih kecil.

Source: Okezone