Viral DPRD Blora Ngamuk Tolak Tes Corona, Dinkes: Maksud Kami Baik

Okezone
 Okezone - Fri, 20 Mar 2020 09:16
 Viewed: 266
Viral DPRD Blora Ngamuk Tolak Tes Corona, Dinkes: Maksud Kami Baik

BLORA - Penolakan anggota DPRD Blora saat akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona menuai banyak kecaman. Mereka berdalih, pemeriksaan tak selayaknya dilakukan di tempat terbuka terminal, apalagi di daerah Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Lilik Hermanto mengatakan, pemeriksaan kesehatan kepada para wakil rakyat itu sebagai upaya menekan penularan Covid-19. Apalagi, mereka baru selesai kunjungan kerja dari Lombok NTB.

"Kan beliau pulang dari kunjungan kerja dari Lombok. Ya Lombok itu kan sudah ada kasus yang merupakan daerah terjangkit, kita ingin memeriksa dengan thermo gun dan (penyemprotan) desinfektan," kata Lilik, Jumat (20/3/2020).

Lilik menegaskan, pemeriksaan bukan hanya prosedur bagi setiap orang yang pulang dari luar daerah terutama terpapar corona, tetapi juga untuk melindungi warga. Dengan pemeriksaan itu, maka akan diketahui kondisi kesehatannya sehingga bila terindikasi sakit akan segera dilakukan penanganan medis.

Baca Juga: Viral Anggota DPRD Blora Ngamuk Tolak Dites Corona: Ini DPR, Kita Bukan TKW!

"Ini juga untuk menjaga kesehatan beliau, mau pulang bertemu keluarga, tapi ternyata berbeda reaksinya. Maksud kita baik. Jadi mungkin salah paham," jelas dia.

Lilik juga menyatakan pemeriksaan dilakukan di area Terminal Padangan Jawa Timur merupakan permintaan dari Ketua DPRD Blora. Sebelumnya, Dinas Kesehatan Blora telah menyiapkan ruang pemeriksaan di RSUD Cepu bagi wakil rakyat yang baru tiba dari kunjungan kerja.

"Iya mereka minta di Padangan (terminal). Sebetulnya sudah kita siapkan di RSU Cepu, tapi beliau ketuanya enggak mau. Mintanya di Terminal Padangan. Ya saya konformasi dengan ketuanya, ya manut saja. Kita sebagai pelayan ya siap, tapi kabarnya kok dibalik ya kita bingung," tandasnya.

"Itu yang minta Ketua DPRD-nya, bukan saya, bukan kemauan saya. Kalau nggak bersedia ya sebenarnya enggak perlu marah, karena tujuan kita kan sebenarnya baik. Tidak ada masalah ya mungkin salah paham aja," lugas dia.

Source: Okezone