Viral, Covid-19 Timbulkan Gejala Diare Berat, Benarkah?

Okezone
 Okezone - Mon, 28 Dec 2020 04:34
 Viewed: 28
Viral, Covid-19 Timbulkan Gejala Diare Berat, Benarkah?

COVID-19 masih mewabah di sebagian besar negara. Bahkan kabar terakhir muncul jenis baru virus corona. Ini pun harus segera diantisipasi agar tidak menyebar luas dan bisa cepat dihentikan lajunya.

Sementara itu, baru-baru ini juga muncul informasi viral yang mengatakan bahwa covid-19 menimbulkan gejala baru bagi penderitanya. Hal tersebut sebagaimana diderita seorang direktur bank yang terpapar covid-19 dan dilaporkan meninggal dunia.

Baca juga:Selain Dewi Perssik, Penyintas Covid-19 Ini Juga Ungkap Alami Ruam Merah

Jika biasanya gejala yang ditimbulkan flu, batuk, dan sesak napas, namun tidak dengan dirinya. Sang direktur bank yang tidak disebutkan namanya ini mengalami sakit perut dan diare berat. Perutnya terasa sakit seperti maag.

Dikutip dari Healthline, Senin (28/12/2020), covid-19 tidak hanya menyerang tenggorokan. Dalam beberapa kasus terjadi bahwa covid-19 juga menyerang usus.

Beberapa orang mungkin mengalami gejala gastrointestinal seperti diare, kehilangan nafsu makan, atau muntah, bahkan tanpa gejala mirip flu lainnya.

Sementara para peneliti dari Universitas Stanford menemukan bahwa sepertiga dari pasien yang mereka teliti dengan kasus covid-19 ringan memiliki gejala yang memengaruhi sistem pencernaan.

Baca juga:Supaya Cepat Sembuh, Pasien Covid-19 Wajib Hindari 5 Asupan Ini

Studi terbaru lainnya yang dilakukan para peneliti di Beijing menemukan bahwa antara 3 hingga 79 persen orang dengan covid-19 mengembangkan gejala gastrointestinal.

Lalu, apa hubungan antara covid-19 dan gejala gastrointestinal?

Penelitian menunjukkan bahwa virus yang menyebabkan covid-19 dapat memasuki sistem pencernaan Anda melalui reseptor permukaan sel untuk enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). Reseptor untuk enzim ini 100 kali lebih umum di saluran pencernaan daripada saluran pernapasan.

Source: Okezone