Viral Awan Mirip Semar Muncul di Tengah Status Siaga Merapi

Okezone
 Okezone - Thu, 12 Nov 2020 07:54
 Viewed: 420
Viral Awan Mirip Semar Muncul di Tengah Status Siaga Merapi

SLEMAN - Di tengah status Siaga Merapi, viral unggahan foto awan di media sosial yang mirip sosok tokoh punakawan Semar. Awan mirip Semar ini terpantau dari Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Kamis 12 November 2020.

Akun Instagram @merapi_uncover yang mengunggah foto awan mirip Semar tersebut. "Awan pagi tadi, mirip siapa ya Lurd?" tulis akun tersebut.

Seorang warganet, @hendriek05 berkomentar, "Semar lagi mabur po ya?"

Baca Juga: Merapi Siaga, Ribuan Pengungsi di Empat Kabupaten Dievakuasi

Lalu, warganet lainnya @rarrie_arum berkomentar, "Mbah Semar sampun muncul, mugi Merapi senantiasa mandali"

Namun, beberapa warganet justru memiliki persepsi lain seperti mirip Donald Trump, tokoh kartun Casper, dan ada yang menyebut mirip Mbah Maridjan.

Sedangkan, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta Sigit Hadi Prakosa mengatakan awan yang berbentuk mirip sosok atau sesuatu itu sebagai fenomena alam biasa.

"Masyarakat umum menyebut awan ini sebagai awan topi, awan tudung atau juga awan kanopi karena seolah menjadi penutup yang menyelubungi puncak gunung," paparnya.

Baca Juga: Lokasi Pengungsian Merapi Rutin Disemprot Disinfektan

Awan Lenticularis mulai terbentuk saat arus angin yang mengalir sejajar permukaan bumi mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan. Akibat hambatan tersebut, arus udara tersebut bergerak naik secara vertikal menuju puncak awan.

"Biasa terjadi saat angin kencang bertiup melintasi puncak gunung," jelasnya.

Source: Okezone