Viral, Astronot Bagikan Cara Olahraga di Rumah Selama Pandemi Corona

Okezone
 Okezone - Mon, 06 Apr 2020 17:37
 Viewed: 79
Viral, Astronot Bagikan Cara Olahraga di Rumah Selama Pandemi Corona

PANDEMI virus corona (COVID-19) membuat seluruh masyarakat dunia melakukan isolasi di rumah dan physical distancing untuk memutus mata rantai penularan virus.

Alhasil saat ini masyarakat harus menyesuaikan kehidupan sehari-harinya agar tetap bisa efektif saat berada di rumah. Pasalnya, sebagian besar masyarakat juga melakukan work from home (WFH).

Baru-baru ini para astronot NASA membagikan beberapa cara untuk tetap betah berada di ruangan dalam kondisi terbatas. Cara tersebut diambil supaya masyarakat tetap bugar selama isolasi mandiri.

Video tersebut diunggah ke akun media sosial Twitter, oleh para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang terletak sejauh 250 mil di atas bumi. Jessica Meir dari NASA menunjukkan kepada masyarakat mengenai beberapa peralatan olahraga yang mereka gunakan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental seseorang," terang Meir, sebagaimana dilansir dari VT, Selasa (7/4/2020).

Ia mengatakan bahwa masyarakat bisa sedikit kreatif untuk berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan detak jantung saat berada di rumah tanpa harus menuju pusat kebugaran. Sekadar informasi, tanpa olahraga teratur di luar angkasa, astronot akan kehilangan 15% dari massa otot mereka. Apabila hal ini terjadi, maka mereka memiliki potensi untuk menjadi permanen.

Salah satu mesin olahraga yang dirancang untuk mengatasi ini pada ISS adalah Advanced Resistive Exercise Device (aRED). Meir menggunakan dua tabung vakum besar untuk menciptakan hambatan yang diperlukan untuk membuatnya menjadi mesin berat.

"Sementara tujuan utama aRED adalah untuk mempertahankan kekuatan dan massa otot, latihan resistif juga dapat membantu para astronot meningkatkan daya tahan terhadap tugasnya yang menuntut fisik seperti wahana antariksa," ujar pernyataan resmi NASA.

Jika seseorang hanya ingin bersantai selama masa isolasi mandiri ini, maka ada banyak opsi yang tersedia. Anda dapat mengambil kelas fotografi Nikon secara online, atau bersantai dengan pertunjukan dan film HBO gratis selama 500 jam.

Source: Okezone