Viral Ada Mozaik Bertuliskan "Betawi Pilih Nomor 2", Begini Faktanya!

Okezone
 Okezone - Wed, 13 Mar 2019 10:01
 Viewed: 159
Viral Ada Mozaik Bertuliskan "Betawi Pilih Nomor 2", Begini Faktanya!

MEDIA sosial Facebook (FB) ramai membahas foto mozaik Betawi pilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua. Seperti salah satu postingan FB Dian Alkarna.

Postingan Dian yang sempat dibagikan sebanyak 3.700 kali per tangkapan layar dibuat, Selasa 12 Maret pukul 23.18 Wib itu, dilengkapi dengan narasi:

"Ini Baru Betawi 100%..

Betawi Punya Gayeee.."


Setelah ditelusuri, ternyata foto itu konten palsu alias disinformasi. Foto asli adalah mozaik mahasiswa dari ajang Student Vaganza One Indonesia Universitas Sebelas Maret (UNS) 2017.

"Foto yang dilampirkan dalam posting tersebut telah disunting. Foto tersebut aslinya adalah salah satu dari formasi mozaik mahasiswa yang dilakukan dalam acara Student Vaganza One Indonesia UNS pada tahun 2017," ujar Aldinshah Vijayabwana, anggota Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dalam debunk yang dilakukannya di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH), Rabu (13/3/2019).

Ia menerangkan, acara Student Vaganza One Indonesia UNS sendiri adalah puncak dan penutup rangkaian Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS 2017. Acara dilangsungkan di Stadion UNS pada 17 Agustus 2017.

Tema yang diusung dalam Student Vaganza One Indonesia UNS 2017 yaitu "Peningkatan Peran dan Kontribusi Pemuda dalam Menjaga Kearifan Budaya Lokal" yang bertujuan untuk menggelorakan kembali semangat persatuan di tengah keberagaman budaya di Indonesia.

Sebanyak 7.520 mahasiswa baru berhasil menampilkan 11 formasi dalam waktu 41,89 detik tentang destinasi pariwisata Indonesia, Logo "Pesona Indonesia", Jargon One Indonesia UNS 2017, Logo HUT RI 72 tahun Indonesia dan Logo UNS.

"Acara tersebut mendapat rekor MURI untuk Konfigurasi Gambar Terbanyak bertemakan Pariwisata dan Persatuan Indonesia," terang dia.

Source: Okezone