Presiden Tanyakan Netizen: Ibu Kota Pindah ke Mana?

Okezone
 Okezone - Tue, 30 Apr 2019 04:14
 Viewed: 438
Presiden Tanyakan Netizen: Ibu Kota Pindah ke Mana?

JAKARTA - Isu perpindahan ibu kota menjadi topik yang hangat belakangan ini. Apalagi isu lama tersebut kembali dibahas oleh Presiden Joko Widodo kemarin dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta.

Setelah bergulir di meja Presiden dan para menterinya, kini isu itu digulirkan oleh Presiden di sosial media. Melalui akun Instagramnya, Presiden Jokowi seakan ingin mendapat jawaban langsung dari masyarakat.

Baca Juga: Menakar Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Luar Jawa

Berikut ini postingan Presiden Jokowi selengkapnya :

Selamat pagi. DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?

Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju. Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung.

Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

Baru satu jam diposting, netizen pun sudah banyak yang berkomentar. Setidaknya postingan tersebut disukai 374.961 warganet dan banjir komentar. Berikut ini komentar para Iger.

lutazzihorami : Papua

sungchitjhun : Tolong pertimbangkan di daerah Kalimantan Barat Pak... alasannya supaya kita lbh fokus menjaga wilayah perairan kita dr negara2 tetangga...

yemima_hia : Di sumatera utara aja pak

@jonathanisiregar97 setuju banget, kalimantan jarang sekali terkena bencana

dia_hfs : KALIMANTAN aja pak

ozyhawhaw @jonathanisiregar97 sbgai warga negara Indonesia dan tinggal di kalimantan,lokasi yg strategis ya Palangkaraya

apri_kanti : Menurut sy daerah cileungsi aja pa krn daerahnya strategis gk jauh jg k jakarta, tanah masih luas(klapanunggal),air, penerangan sudah memadai dan infrastruktur sudah memadai jadi tdk terlalu buang2 anggaran yg besar trus kantor2 pemerintahan seperti(bkkbn pusat) tdk perlu di pindahkan krn tdk terlalu jauh jd tdk makan biaya yg besar....terima kasih pa @jokowi sehat selalu untuk bs memimpin indonesia yg lebih maju dengan pemerintahan bapa agar ekonomi yg lbh baik yg tdk mementingkan segelintir orang (pns, guru honor yg menurut sy sudah sangat baik cukup kecuali daerah2 terpencil)

Source: Okezone