Paru-Paru Hitam Akibat Merokok 30 Tahun Viral

Okezone
 Okezone - Tue, 19 Nov 2019 08:03
 Viewed: 1416

JIANGSU - Sebuah rekaman menunjukkan paru-paru yang menghitam milik seorang pria yang telah merokok selama 30 tahun beredar di internet.

Dokter dari Rumah Sakit Rakyat Wuxi di Jiangsu, China, memisahkan paru-paru milik seorang pria berusia 52 tahun, yang menderita penyakit paru-paru. Pria itu mengutip Daily Mail, Selasa (19/11/2019) dilaporkan telah meninggal.

Pasien itu mendaftar untuk menyumbangkan organnya setelah dia meninggal, namun petugas medis segera menyadari bahwa mereka tidak dapat menggunakan paru-paru pria tersebut.

Baca juga: Hasil Penelitian: Perokok Punya Wajah Lebih Jelek

Baca juga: Anak Buah Selundupkan 9.200 Rokok, Kepala Badan Intelijen Taiwan Mundur

Dr Chen, seorang ahli bedah transplantasi paru-paru dan juga wakil presiden rumah sakit yang memimpin operasi mengatakan bahwa pasien tidak menjalani CT scan sebelum dia meninggal. Pasisen dinyatakan mati otak dan paru-parunya akan disumbangkan.

"Tes indeks oksigenasi awal baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organ [paru-paru], kami menyadari bahwa kami tidak dapat menggunakannya," kata Chen.

"Kami orang Cina suka merokok. Tidak praktis mengatakan bahwa kita tidak akan menerima paru-paru semua perokok, tetapi ada standar yang ketat," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa rumah sakit akan menerikan paru-paru dari pasein beusia di bawah 60 tahun yang baru saja meninggal, infeksi ringan di paru-paru dan sinar-X yang relatif bersih. "Jika kondisi di atas terpenuhi, kami akan mempertimbangkan transplantasi paru-paru," ujar Chen.

Profesor Peter openshaw, dari Institut Jantung dan Paru Nasional China, mengatakan pasien menderita emfisema paru-paru.

Ini menyebabkan organ-organ menjadi sangat meradang dan mengembang, serta membuat para penderita sesak nafas.

Dia mengatakan bahwa petugas medis mungkin juga menggembungkan paru-paru dengan udara atau cairan sebelum disumbangkan. Hal itu membuat paru-paru terlihat jauh lebih besar daripada postmortem paru-paru yang normal.

Dr Chen mengunggah klip itu ke media sosial dengan tagar "jieyan" yang berarti "berhenti merokok".

"Banyak perokok di negara ini memiliki paru-paru yang terlihat seperti ini," kata dia.

Source: Okezone