Lewat Lagu 'Sekarang Waktunya' Alf Tatale Beri Dukungan Buat Para Pejuang Nafkah di Tengah Pandemi!

slidegossip
 slidegossip - Fri, 05 Nov 2021 11:05
 Viewed: 476

slidegossip.com - Fenomena sosial yang terjadi akibat dampak dari pandemi covid-19 di negeri ini rupanya menyentuh hati Alf Tatale untuk merilis single terbarunya yang berjudul 'Sekarang Waktunya'. Lagu yang diciptakan Ferdy Reizho dan diaransemen oleh Ary Dowenk ini merepresentasikan kondisi masyarakat saat ini dalam belenggu pandemi, khususnya para pekerja seni.

Alf Tatale

Alf Tatale sendiri mengakui bahwa di balik lagu 'Sekarang Waktunya' memang ada pesan moral yang sengaja di sampaikan untuk memberikan semangat orang-orang yang terkena dampak pandemi. "Pesan moral single ini adalah meski dilanda pandemi, kita tidak boleh menyerah. Saya ingin menyemangati seluruh teman musisi, pengusaha, pekerja, dan masyarakat yang perekonomiannya terdampak selama pandemi," jelas Alf Tatale saat press conference yang digelar pada Sabtu (25/9/2021) lalu di Chloe Cafe & Lounge, Sinpasa Summarecon, Bekasi.

Alf Tatale yang pernah menjadi finalis ajang Indonesian Idol (2005) dan The Voice Indonesia (2013) mengakui bahwa meski sedang dilanda pandemi namun gairah bermusiknya tetap berkobar, tak pupus oleh ruang dan waktu. Namun akibat pandemi pula Alf harus rela mengendapkan karyanya selama hampir 2 tahun.

"Terus bergerak, lakukan sesuatu untuk keluar dari keterpurukan. Sesuai judul lagu, Sekarang Waktunya. Kita tidak tahu kapan ujung dari situasi serba tak menentu ini. Single ini bukti saya konsisten berkarya di musik sejak 2005," tegasnya.

Lagu ini seolah menjadi sekuel dari single 'Pelangi di Badaimu'. Kedua lagu tersebut menuangkan spirit yang sama, yakni never give up. Setelah badai, pasti akan ada pelangi. Setiap usaha maksimal yang sudah kita perjuangkan, pasti bakal membuahkan kebaikan dan kesuksesan.

Alf Tatale

Tak tanggung-tanggung, Alf Tatale menggandeng Dara Arafah sebagai model video musik lagunya. Konsep video musiknya pun disesuaikan dengan tema lagu 'Sekarang Waktunya' yang memvisualisasikan penghargaan untuk para dokter dan tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan.

"Kami mengapresiasi para tenaga kesehatan yang mengerahkan segenap jiwa dan raganya untuk menolong para pasien yang terpapar covid-19. Untuk itu, kami mengabadikan kisah heroik para nakes dalam video musik 'Sekarang Waktunya'," ungkap Gieta Gerungan, selaku Executive Producer yang mengawal single dan album Alf Tatale.

Terpilihnya Dara Arafah sebagai model video musik dinilai sefrekuensi dengan kesuksesan selebgram cantik yang memiliki 2.5 juta pengikut di Instagram itu. Sementara proses syuting dilakoni Alf Tatale di dua lokasi berbeda sekitar bulan April 2021, atau seminggu jelang Alf Tatale berulang tahun.

Uniknya, penyanyi berdarah Minang ini menceritakan kalau single terbarunya diangkat dari kisah nyata sang penulis lirik lagu. "Ini lika-liku sepasang kekasih yang menjalin cinta bertahun-tahun. Sayang, asmara mereka kandas karena tak dapat restu orangtua. Demi kebaikan bersama, mereka sepakat untuk mengambil keputusan yaitu berpisah," imbuh Alf Tatale.

Alf Tatale

Berikut ini adalah penggalan lirik lagu 'Sekarang Waktunya' yang mungkin kisahnya pernah terjadi pada beberapa orang:

Namun semua sirna/ Oleh keadaan/ Yang membuat kita berbeda//

Ternyata kau bukan milikku/ Ternyata kau bukan untukku//

Ku putuskan sekarang waktunya/ Untuk ku lupakan kenangan denganmu//

Ku pastikan sekarang waktunya/ Untuk kukatakan kau bukan milikku//

Perjalanan Karier Bermusik Alf Tatale

Tahun 2014 lalu, Alf Tatale pernah merilis album bersama band Alf dBats dengan personel Ary Dowenk (gitar), Batoks (bass), dan Feby (drum). Berbekal kepercayaan diri untuk menggapai cita-citanya, Alf Tatale berangkat dari Batam menuju Jakarta untuk mengikuti ajang Indonesian Idol 2005. Meski tak berhasil menjadi juara, Alf tak mau berputus asa. Alf selalu terngiang pesan dari salah satu juri Indonesian Idol, Indra Lesmama, 'Kalah bukan berarti menyerah'. Indra Lesmana lah yang menguatkan Alf hingga dirinya percaya diri untuk terus melangkah.

"Setelah itu, hampir 10 tahun saya manggung mulai dari kafe kecil hingga kafe besar. Saat itu, Saya kemana-mana naik sepeda motor. Saya optimistis, kerja keras ini pasti berbuah nantinya," kenang Alf.

Tahun 2013, Alf Tatale kembali menjajal peruntungan di ajang pencarian bakat 'The Voice Indonesia'. "Ada arahan berkesan dari coach Armand Maulana. Dia bilang, 'Kamu jangan berhenti setelah ini. Kamu harus terus menghasilkan karya'. Ini yang menguatkan saya terus berkreativitas," katanya menirukan pesan dari sang vokalis band GIGI itu.

Akhirnya di tahun 2014, Alf merilis album 'Jawaban Sebuah Mimpi' bersama bandnya, Alf D'Bats. Album pop rock dan ballads itu telah melahirkan dua lagu hits yang merajai chart berbagai radio, yakni 'Ku Ingin Dirimu' dan 'Cinta Terdua'.

Empat tahun setelah itu, penyanyi kelahiran 24 April tersebut merilis album 'Ambon-Manado Paling Manis' yang berisi 12 track. Ia berkolaborasi dengan musikus pelantun hits 'Balada Pelaut', mendiang Connie Maria Mamahit. Videonya bisa diintip di YouTube XP Production. Dari situ, Alf mulai panen job panggung di berbagai kota di Indonesia Tengah dan Timur.

Sebagai seorang penyanyi, Alf Tatale punya keinginan ingin menggelar konser mini di Indonesia, tentunya dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan ketat dan patuh pada regulasi pemerintah.

Selain itu, Alf Tatale juga tertarik punya album bahasa daerah lainnya. "Saya pengin punya album berisi lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia. Album berbahasa Jawa seru, tapi saya belum pede cengkoknya. Berhubung saya berdarah Padang, kemungkinan besar saya akan duluan merilis album berbahasa Minang," pungkas Alf Tatale.

Penulis: Edo Fumiko (IG: @jurnalishumanis)

Source: slidegossip