Kehebohan Pria Ganti QRIS Kotak Amal Masjid Jadi Rekening Pribadi

Okezone
 Okezone - Tue, 11 Apr 2023 20:49
 Viewed: 291

JAKARTA - Ada lagi modus penipuan di salah satu rumah ibadah di Jakarta Selatan. Aksi ini terekam CCTV salah satu masjid di Jakarta Selatan yang memperlihatkan seorang pria mengganti QR code atau Qris kotak amal.

Diketahui dia mengganti QR code untuk sumbangan masjid tersebut agar masuk ke kantong rekening pribadinya. Aksi pria ini langsung viral di media sosial. Bank Indonesia (BI) segera bertindak dengan memblokir QR code tersebut.

"Saat ini sudah dilakukan pemblokiran terhadap QRIS tersebut sehingga tidak dapat digunakan lagi oleh PJP (penyedia jasa pembayaran) terkait," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta.

Pada kasus dugaan penyalahgunaan QRIS pada salah satu rumah ibadah di Jakarta, pelaku mendaftar sebagai merchant QRIS dengan nama restorasi masjid namun merchant tersebut tidak terdaftar sebagai tempat ibadah melainkan merchant reguler.

"Bank Indonesia juga sudah mengkomunikasikan kepada seluruh PJP untuk mewaspadai modus penyalahgunaan QRIS serupa," tegas Erwin.

Erwin menyampaikan, berdasarkan Ketentuan ASPI terkait pedoman komunikasi merchant QRIS, PJP wajib untuk melakukan edukasi kepada merchant, salah satunya adalah mengenai keamanan kode QRIS yang ditampilkan di tempat umum. Merchant perlu memastikan secara berkala bahwa kode QRIS yang ditampilkan adalah benar miliknya dan bukan QRIS milik orang lain.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, merchant dan PJP untuk Bersama-sama meningkatkan keamanan dalam bertransaksi menggunakan QRIS," ucapnya.

Dia berpesan kepada para merchant agar selalu memperhatikan keamanan transaksi dan kebenaran QRIS yang ada di lokasinya, sehingga QRIS yang ditampilkan memang benar QRIS milik merchant yang bersangkutan dan belum mengalami penggantian/perubahan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Source: Okezone