Heboh Hoax Vaksin Sinovac Dibuat Sebelum Munculnya Pandemi, Begini Faktanya

Okezone
 Okezone - Fri, 19 Mar 2021 07:02
 Viewed: 326
Heboh Hoax Vaksin Sinovac Dibuat Sebelum Munculnya Pandemi, Begini Faktanya

Belum lama ini, berbagai kabar miring seputar vaksin Covid-19 mulai bermunculan di dunia maya. Tentunya kabar miring yang belum jelas kebenarannya ini dapat membuat masyarakat menjadi takut dan resah.

Salah satu kabar yang menjadi perbincangan hangat adalah tentang tanggal produksi vaksin. Kabar tersebut memancing keributan yang menimbulkan persepsi bahwa vaksin Sinovac asal China yang digunakan Indonesia saat ini diproduksi sebelum pandemi.

Merangkum dari unggahan Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Jumat (19/3/2021), kabar tersebut menyatakan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac akan kedaluwarsa pada 25 Maret 2021, padahal vaksin memiliki masa kedaluwarsa selama dua tahun.

Baca Juga : 5 Potret Anggia Tesalonika Kloer Mantan Sespri Edhy Prabowo yang Viral

Baca Juga : 10 Potret Gisel di Kolam Renang, Body Goals Bikin Cowok Terpana!

Faktanya adalah masa kedaluwarsa vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada kemasan tertulis sampai 2023. Namun setelah melalui proses evaluasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin ditetapkan memiliki umur simpan (shelf life) menjadi enam bulan atas pertimbangan keamanan vaksin.

Oleh sebab itu masyarakat diharapkan untuk tidak khawatir dengan kabar yang beredar. Masyarakat juga diimbau untuk membaca informasi dari sumber terpercaya agar tidak termakan hoax selama masa pandemi Covid-19.

Source: Okezone