Heboh Awan Bentuk Caping di Gunung Merbabu, Fenomena Apa Ini?

Okezone
 Okezone - Thu, 03 Oct 2019 08:38
 Viewed: 407
Heboh Awan Bentuk Caping di Gunung Merbabu, Fenomena Apa Ini?

DUNIA maya dihebohkan oleh beredarnya foto awan berbentuk caping di atas Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Di beberapa akun sosial media disebutkan bahwa fenomena gunung bercaping tersebut terjadi pagi tadi, Kamis (3/10/2019).

Salah satu yang mengunggah foto caping Gunung Merbabu itu yakni akun Twitter @andreaozziwar. "Merapi Merbabu pagi ini," demikian keterangan tertulis yang menyertai foto unggahannya.

Dalam foto tersebut memang terlihat awan putih yang besar, bentuknya mirip caping, dan berada persis di atas puncak Gunung Merbabu.

Sang pengunggah foto mengatakan bahwa malam sebelum fenomena langka ini terjadi, daerah Ampel Boyolali sempat gerimis. Kemudian cuaca berubah menjadi cerah berawan dan awan seperti yang terlihat di foto unggahannya.

"Ampel Boyolali tadi malam gerimis, terus paginya cerah berawan, apik tenan," demikian ditulis akun @andreaozziwar.

Tak hanya akun @andreaozziwar, beberapa netizen lain juga turut mengunggah foto caping Gunung Merbabu. "Merapi Merbabu kalian kenapa?? Dari kemarin ngerasain gerah terus," tulis akun @lidiaoktasari sambil menyertakan foto dari sudut berbeda.

Lebih lanjut netizen pun kini ramai-ramai mengomentari fenomena caping Gunung Merbabu itu. Sebagian besar menyampaikan pesan takjub.

"Keren... Awan nya itu looh," demikian komentar @last_tanto.

"Merbabu capingan," tulis @nung_03.

"Merbabu apa kabar?" tulis akun @radensatrioo.

Sementara itu perlu diketahui bahwa Gunung Merbabu bukan satu-satunya yang mengalami fenomena caping. Hal serupa juga pernah terjadi terhadap Gunung Lawu dan Gunung Slamet. Lalu fenomena alam apakah yanng dialami beberapa gunung tersebut?

Source: Okezone