Gunung Merapi Meletus, Kalimat Merapi Tak Pernah Ingkar Janji Viral di Medsos

Okezone
 Okezone - Wed, 27 Jan 2021 10:32
 Viewed: 312
Gunung Merapi Meletus, Kalimat Merapi Tak Pernah Ingkar Janji Viral di Medsos

JAKARTA - Gunung Merapi meletus pada Rabu (27/1/2021). Pasca meletus, kalimat "Merapi Tak Pernah Ingkar Janji" viral dan banyak dituliskan netizen melalui tagar #Merapi di media sosial Twitter.

Lebih dari 3.400 netizen membahas Merapi meletus dan berdoa melalui tagar #Merapi Merapi dan menjadi trending.

Saat meletus 2010, Gunung Merapi yang menelan korban 26 orang termasuk juru kunci Mbah Marijan juga telah menyisakan museum milik warga yang dikenal museum sisa hartaku. Di sana juga terlihat tulisan "Merapi Tak Pernah Ingkar Janji".

Baca Juga: Breaking News, Gunung Merapi Kembali Meletus dan Muntahkan Awan Panas

Merapi tak pernahingkar janji seperti sebuah ungkapan yang kerap dilontarkan ketika membicarakan gunung yang membentang di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini.

Baca Juga: AirNav Terbitkan Astam, Ingatkan Pilot Waspada Abu Vulkanik Gunung Merapi

Lalu, sebenarnya bagaimana asal-usul ungkapan itu?

Setelah ditelusuri, ungkapan tersebut merupakan plesetan dari film era 80-an yang berjudul "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji" yang dibintangi Adi Bing Slamet dan Paramitha Rusady.

Ungkapan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji diketahui menggambarkan kondisi Gunung Merapi yang terus bergejolak di setiap periode, dan dimulai sejak abad 16 kegiatan Merapi mulai kontinyu. Dalam sejarahnya proses letusan Gunung Merapi melewati beberapa siklus.

Source: Okezone