Cukai Rokok Naik 12,5%, Netizen: Sabar-Sabar Wahai Kaum Sebat

Okezone
 Okezone - Thu, 10 Dec 2020 09:28
 Viewed: 268
Cukai Rokok Naik 12,5%, Netizen: Sabar-Sabar Wahai Kaum Sebat

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan tarif cukai rokok tahun depan naik sebesar 12,5% yang diberlakukan sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo untuk menekankan sumber daya manusia (SDM) maju serta Indonesia unggul.

Keputusan Bendahara Negara itu mengundang polemik dari sejumlah pihak yang setuju dengan kebijakan tersebut. Mereka menilai seharusnya yang dinaikan itu harga tembakau dari para petani.

"Harusnya bukan cukainya yg naik, tapi harga beli tembakau dari petaninya yg naik. Ini harga rokok naik, petani tembakaunya masih miskin trus," tulis akun Twitter @fahruji_zie yang dikutip Okezone, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Harga Rokok Makin Mahal, Sri Mulyani: Biar Masyarakat Tak Dapat Beli

"Kenaikan cukai rokok ini memang berdampak banget sama petani tembakau, Mas. Jika cukai naik, harga tembakau di tingkat petani selalu turun di kisaran 20% s/d 30%. Ini dialami oleh bapak saya yang tiap tahun nanem tembakau," tulis akun Twitter @melfinceng.

Sementara itu, ada seorang warganet dengan akun Twitter @fuadsauqii mencuitkan tulisan ihwal kenaikan harga cukai rokok tersebut dengan nada sindiran. Dia menilai keputusan itu diambil karena negara kini sedang membutuhkan biaya.

"Harga rokok mau naik? Mungkin negara lagi butuh modal," tulis akun Twitter @fuadsauqii.

Source: Okezone