6 Kreasi Menu Makanan Berbahan Kecombrang, Lezat dan Unik

Tue, 03 Sep 2019 10:00
399
6 Kreasi Menu Makanan Berbahan Kecombrang, Lezat dan Unik

Kecombrang adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai rempah. Bernama latin Etlingera elatior, tumbuhan ini sering digunakan bunganya yang masih menguncup dan batangnya sebagai salah satu bahan pelengkap sambal.

 

Bunga berwarna merah muda ini ternyata juga memiliki sejuta khasiat. Berdasarkan jurnal BMC Research Notes, bunga kecombrang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal kerusakan sel pada tubuh.

 

Selain antioksidan, tumbuhan yang memiliki sebutan honje ini juga kaya akan zat antibakteri sehingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. coli, Bacillus cereus, dan Listeria monocytogenes. Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, kecombrang banyak dikreasikan dengan berbagai makanan.

 

Rasanya yang asam serta aromanya yang kuat membuat makanan yang dibuat dapat semakin lezat. Liputan6.com merangkum enam kreasi makanan yang dapat diolah bersama kecombrang, dilansir dari berbagai sumber.

 

Nasi Goreng Bunga Kecombrang

 

 

(Nasi Goreng Bunga Kecombrang. (dok. instagram.com/kulinersamaagam/https://www.instagram.com/p/B1dvvw2jOFI/Novi Thedora)

 

Nasi goreng merupakan salah satu olahan yang tidak sulit pembuatannya. Makanan ini bisa menjadi lebih spesial dengan tambahan bunga kecombrang di dalamnya. Anda hanya membutuhkan setengah bagian dari bunga kecombrang bagian dalam yang sudah dihaluskan untuk membuat seporsi nasi goreng yang lezat. Jangan lupa untuk menambahkan sayur dan lauk pelengkap lainnya seperti sawi, udang atau ayam dan telur ceplok.

 

Tumis Baby Pakcoy Bunga Kecombrang

 

 

Tumis Baby Pakcoy Bunga Kecombrang. (dok. cookpad.com/ANisa/Novi Thedora)

 

Tumis baby packoy dengan bawang putih atau terasi mungkin sudah biasa di lidah Anda. Kini, Anda bisa mengkreasikan sayur golongan sawi ini dengan bunga kecombrang yang rasanya agak asam ini.

 

Anda membutuhkan dua kuntum bunga kecombrang yang belum mekar untuk membuat seporsi tumisan baby pakcoy yang dapat dimakan keluarga. Cara membuatnya pun tidak sulit, sama seperti membuat tumisan biasanya. Adanya irisan bunga kecombrang dapat membuat aromanya semakin menggugah selera.

 

Ikan Tongkol Suir Kecombrang

 

Ikan Tongkol Suir Kecombrang. (dok. instagram.com/heddyheddy1978/https://www.instagram.com/p/BlG-sL5Fshp/Novi Thedora)

 

Bagi Anda penggemar ikan tongkol, Anda wajib untuk mencoba mengolahnya dengan kecombrang. Kali ini, Anda membutuhkan bagian batang dari tumbuhan berordo Zingiberales ini.

 

Potong-potong batang tersebut kemudian tumis bersama bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Campurkan suiran ikan yang sudah digoreng ke tumisan bumbu tersebut dan ikan tongkol sudah dapat disantap.

 

Cumi Asin Kecombrang

Cumi Asin Kecombrang. (dok. resepyummy.com/Novi Thedora)

 

Cumi merupakan salah satu makanan laut yang dapat diolah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah diolah dengan ditumis dan ditambah kecombrang.

 

Aroma dan rasa dari rempah pelengkap lain seperti bawang putih, bawang merah, belimbing wuluh akan menjadikan tumisan cumi ini semakin lezat. Tekstur kenyal dari cumi dilengkapi aroma kecombrang dapat membuat Anda makan semakin lahap.

 

Gulai Kepala Kakap Bunga Kecombrang

 

Gulai Kepala Kakap Bunga Kecombrang. (dok. instagram.com/shnelwan/https://www.instagram.com/p/BsiHXa5AOXZ/Novi Thedora)

 

Bunga kecombrang tak hanya bisa digunakan untuk masakan yang ditumis saja, tapi juga untuk makanan olahan santan ini. Rasa gurih gulai kepala kakap dapat semakin khas aromanya jika dicampurkan dengan olahan bumbu halus bunga kecombrang, daun jeruk, lengkuas dan bumbu lainnya. Anda hanya membutuhkan dua buah bunga kecombrang untuk membuat gulai kepala kakap yang dapat dimakan bersama keluarga.

 

Tongseng Sapi Tabur Bunga Kecombrang

 

 

Tongseng Sapi Tabur Bunga Kecombrang. (dok. cookpad.com/Dice Ferdian/Novi Thedora)

 

Makanan terakhir yang bisa Anda padupadankan dengan kecombrang adalah tongseng sapi. Kali ini sedikit berbeda karena bunga kecombrangnya tidak dimasak bersamaan dengan menu utama, melainkan hanya ditaburi saja. Anda bisa mengiris tipis bagian bunga kecombrang dan ditaburi di atas tongseng sapi yang bisa dijadikan menu makan siang Anda.

 

Sumber: Liputan6

Artikel Terbaru

Ulasan Terbaru

Ulasan dari D'Stupid Baker

Dikirim oleh
pada 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...